Top Ad 728x90

Cara Mengatasi Crawl Error not found 404 Dan Error Server 503 Google Webmaster tools


Mengatasi Crawl Error not found 404 Dan Error Server 503 Google Webmaster tools



Disini saya akan memposting artikel tentang bagaimana cara mengatasi crawl error 404 dan 503 di google webmaster tools. Webmaster tools sangat penting dan berperan besar dalam dunia blogger. Salah satu fungsi webmaster tools adalah untuk mengetahui dan mengontrol kesehatan situs (blog/website) kita. Di dalam mengontrol kesehatan situs kita di GWT terdapat macam-macam  jenis crawl error (kesalahan situs). Seperti crawl error page not found 404 dan 503. Kesalahan tersebut dapat dengan mudahnya kita atasi asalkan kita paham bentuk-bentuk kesalahan tersebut. Karena setiap kode kesalahan seperti 404 dan 503 sangat berbeda jadi kita cara mengatasinya dengan cara yang berbeda pula.




  • Penyebab terjadinya kesalahan



Error crawl not page found 404
Penyebab paling utama pada error crawl 404 adalah karena adanya kesalahan pada saat kita menghapus artikel secara sembrono (seperti kesalahan judul, dsb) sehingga kita berniat akan melakukan permarklink (mengganti link artikel) dan menghapus artikel tersebut. Nah dari tindakan kita itulah yang menyebabkan terjadinya error crawl page not found. Google yang semula telah mengindex artikel kita yang telah di posting dan tiba-tiba tidak menemukan artikel tersebut.


Error server 503
Kesalahan ini belum saya tau secara pasti apa penyebab kesalahan tersebut, tapi dari informasi yang telah saya dapatkan dapat disinyalir penyebab kesalahan tersebut ialah adanya pengunjung yang mengakses halaman blog kita melalui browser ataupun smartphone yang tidak dapat menemukan halaman tersebut. Dari penyebab tersebutlah yang dapat menyebabkan eror server 503 di GWT.


  • Cara mengatasi


Error crawl page not found 404
Cara mengatasinya cukup mudah, silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini :
Masuk ke dasbor webmaster tools 
Pilih blog atau website yang akan diperbaiki kesalahanya
Pilih atau klik crawl –>crawl error


Klik error 404, disitu akan tercantum beberapa link yang tedapat kesalahan




Copy semua link tersebut atau bisa satu-persatu, cara cepat buka tab baru webmaster google index - > remove url. Masukkan satu persatu link tersebut sampai selesai untuk menghapus. Setelah menghapus, kembali lagi ke crawl –>crawl error dan centang semua lin-link tersebut dan klik fix. Dengan kita mengklik fix berarti kita sudah memberi tau ke google bahwa masalah tersebut telah kita atasi.







Error server 503
Cara mengatasi kesalahan ini cukup berbeda dari mengatasi kesalahan 404.
Silahkan menujun crawl –>crawl eror klik error server. Dapat kita lihat link apa-apa saja yang menyebabkan terjadinya kesalahan tersebut. Perhatikan link tersebut yang terdapat di artikel blog kita, kemudian lakukan edit dan publikasi ulang artikel tersebut. Kembali ke GWT klik semua link yang telah kita atasi dan klik fix.


Nah sekian sudah postingan saya tentag bagaimana cara mengatasi error crwal 404 dan 503 di google webmaster. Semoga bermanfaat untuk anda yang membaca. Kalau ada pertanyaan silahkan berkomentar di bawah ini

#Bantu Bagikan Artikel Kami Dong :)

1 komentar:

  1. Terima kasih banyak pak infonya.. sangat membantu bagi saya yang baru belajar..
    Semoga sukses selalu

    ReplyDelete