Top Ad 728x90

FUNGSI GOOGLE WEBMASTER TOOLS

FUNGSI GOOGLE WEBMASTER TOOLS



Dalam postingan saya kali ini akan membahas tentang FUNGSI GOOGLE WEBMASTER TOOLS atau lebih di singkatnya GWT. Secara garis besar pengertian dan fungsi GWT adalah sebuah alat bantu atau perangkat yang berasal dari produk google yang berguna untuk membantu mengoptimalkan blog atau website kita agar dapat di akses pada search engine goole, dan tentunya blo atau website kita sebelumnya telah terdaftar ke google. Pengertian GWT secara garis besar tersebut tentunya sudah di mengerti oleh para blogger. Karena para blogger harus dan wajib menggunakan GWT apabila blognya ingin bisa tampil dan di akses oleh para pengunjung di search engine google. Tapi fungsi GWT tidak hanya itu saja..melainkan masih banyak teradapat fungsi-fungsi dan kegunaan GWT yang bisa kita manfaatkan agar blog atau website kita lebih optimal. 



Lantas apa saja fungsi-fungsi GOOGLE WEBMASTER TOOLS ??

Langsung aja simak artikel saya ini tentang fungsi-fungsi GWT


  • Fungsi utama GWT adalah untuk mengoptimalkan blog atau website kita agar bisa terindex oleh goolge dan bisa di akses di search engine google.  Didalam webmaster terdapat suatu fungsi untuk melakukan uji peta situs (site map) yang bertujuan agar bisa terindex oleh google dan kita bisa melihat berapa artikel kita yang sudah teridex oleh goolge. Karena di GWT terdapat statistik atau ukuran berapa jumlah artikel postingan kita yang sudah terindex oleh google dari total keseluruhan artikel yang dilakukan uji peta situs.



  • Selanjutnya berguna untuk mengetahui kesehatan situs atau blog kita. Di dalam GWT terdapat error crwal dimana hal tersebut bisa mempengaruhi kesehatan situs kita. Semakin banyak kesalahan situs semakin buruk pula kualitas blog atau webiste kita. Dimana error crwal tersebut terdapat banyak macam dan jenis kesalahan, contohnya saja yang rumlah dan sering di alami blog atau website seperti ERROR CRWAL (404) dan ERROR SERVER (503) dan lainnya. Penyebab Error tersebut terjadi karena ada link blog kita yang tidak bisa diakses disebabkan adanya penghapusan artikel atau postingan kita yang sudah di publis. Jika tedapat kesalahan error segera di perbaiki.



  • Berguna menganalisa atau cek backlink suatu blog. Backlink sangat berguna dan bermanfaat untuk blog, kerena backlink dapat membuat blog kita berkwalitas di mata google. Semakin banyak backlink di suatu blog, semakin mudah juga blog tersebut muncul dihalaman pertama google. Cara mengecek backlink blog kita di GWT dapat dilakukan dengan cara masuk ke google webmaster tools dan klik lalu lintas penelusuran => tautan kesitus anda.



  • Berfungsi menganlisa keyword yang cocok untuk mengelola situs kita. Di GWT kita dapat mencari kata kunci yang cocok mengelola situs kita agar lebih optimal. Caranya klik google indeks => kata kunci konten.


  • Berfungsi menganilsa data struktur sebuah situs. Data struktur  sangat penting untuk optimal SERP, semakin bagus dan tidak ada kesalahan data struktur blog, semakin berkwalitas blog tersebut dimata google. Kesalahan-kesalahan tersebut bisa berupa missing:author dan missing:update dsb. Kita dapat mengecek data struktur blog kita dengan cara klik tampilan penelusuran => data struktur.



  • Berfungsi menganalisa kueri penelusuran blog kita. Kueri adalah kata kunci yang di ketikkan para pengunjung organik melalui search engine. Contoh pengujung mengetikkan “ Panduan blog” di search engine, dan blog anda akan muncul di halaman google meskipun dengan judul “Tutorial blog”. Untuk bisa mengakses fungsi tersebut klik lalu lintas penelusuran => kueri penelusuran,, disitu tercantum urutan daftar kueri-kueri penelusuran beserta statistiknya.




  • Berfungsi  menargetkan internasional blog atau website. Jika anda ingin visitor blog atau website kita berasal dari luar atau internasional, anda bisa menargetkan para visitor blog anda berasal dari mana dan negara tertentu. Caranya klik lalu lintas penelusuran => penargetan internasional dan pilih negara yang ingin anda targetkan.


Nah sekian sudah postingan saya tentang FUNGSI GOOGLE WEBMASTER TOOLS, semoga bermanfaat dan manambah wawasan pengetahuan kita lebih mendalam tentang GWT agar lebih bisa mengoptimalkan blog atau situs kita.

#Bantu Bagikan Artikel Kami Dong :)

2 komentar: