Top Ad 728x90

,

5 Cara Ampuh Mengatasi Ketombe

5 Cara Ampuh Mengatasi Ketombe


Apa anda sedang mengalami masalah kesehatan kulit kepala salah satunya yaitu ketombe ? Ketombe merupakan salah satu masalah kesehatan kulit kepala yang umum di alami semua orang di dunia. Dengan adanya ketombe sangat mengganggu gaya penampilan kita. Kita akan merasa kurang percaya diri dengan hadirnya ketombe tersebut. Salah satu faktor penyebab munculnya ketombe adalah pola hidup kita yang kurang memperhatikan kesehatan kulit kepala kita. Tapi jangan khawatir disini telah kami rangkum cara ampuh mengatasi ketombe. Simak di bawah ini !



Langkah awal untuk mengatasi ketombe adalah anda harus mengenal terlebih dahulu Apa Itu Ketombe.


  • Mengenal ketombe


Langkah awal untuk mengatasi ketombe adalah dengan cara mengenali ketombe terlebih dahulu. Seperti penjelasan diatas ketombe adalah masalah kesehatan yang terjadi pada kulit kepala yang disebabkan kurangnya kita dalam menjaga kesehatan kulit kepala. Sehingga tumbuhnya jamur Malassezia yang menyebabkan munculnya ketombe.


  • Perbedaan Kondisi Kulit Kepala


Meskipun mengalami kondisi ketombe yang sama, ternyata penyebab timbulnya ketombe pada pria dan wanita berbeda. Pria cenderung memiliki keadaan kulit kepala yang berminyak sedangkan wanita memiliki kulit kepala yang kelebapannya cenderung rendah dan kering. Meskipun memiliki perbedaan, tetapi kedua-duanya bisa menyebabkan timbulnya ketombe. Dengan kondisi kulit kepala yang kering, kulit kepala akan memproduksi minyak agar tetap menjaga kelembapannya. Nah, dengan di produksinya minyak secara berlebihan akan membuat kulit kepala lebih lembab dan dapat memicu tumbuhnya jamur Malassezia  penyebab timbulnya ketombe. 

Dengan anda memahami secara baik faktor penyebab timbulnya ketombe diatas, anda bisa mulai mengatasi ketombe dengan tepat.




Cara ampuh mengatasi ketombe


Penuhi Nutrisi Kulit Kepala

Bukan hanya bagian tubuh lain yang harus di penuhi nutrisinya, nutrisi kulit kepala juga harus dipenuhi. Solusi terbaik dalam memenuhi nutrisi kepala adalah dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan mengandung Vitamin dan Mineral seperti buah dan sayur. Kandungan Vitamin dan Mineral dalam buah dan sayur sangat bermanfaat menjaga kesehatan kulit kepala.


Penuhi Kebutuhan Cairan Tubuh

Dengan kurangnya cairan tubuh atau dehidrasi dapat menyebabkan kulit kepala kering sehingga memicu dan memaksa kulit kepala untuk memproduksi minyak untuk menjaga keseimbangan kelembapannya. Dengan kondisi keseimbangan yang terganggu ini dapat dimanfaatkan jamur Malassezia untuk berkembang sehingga muncullah ketombe.


Hindari Kebiasaan Mengubah Styling Rambut

Ternyata dengan kebiasaan anda yang suka bergonta-ganti gaya rambut dapat menyebabkan timbulnya ketombe. Bagaimana tidak, dengan menggunakan alat catok sebagai pengubah gaya rambut dapat menyebabkan rambut dan kulit kepala kering dan memicu kulit kepala memproduksi minyak secara berlebihan. Dan penggunaan produk styling rambut seperti serum, hair gel dan bahan lainnya dapat menyumbat pori-pori yang akan menimbulkan rasa gatal serta ketombe.


Memilih Shampo Anti Ketombe yang Tepat

Cara umum yang biasa dilakukan oleh setiap orang yaitu dengan menggunakan produk shampo  anti ketombe. Tapi, dalam hal ini jangan sembarangan memilih produk shampo anti ketombe. Sebab dengan menggunakan produk shampo anti ketombe yang tidak cocok dengan jenis kulit kepala anda malah akan memperbanyak ketombe. Dari itu pilihlah produk anti ketombe yang cocok dengan jenis kulit kepala anda, sebab jenis kulit kepala pria dan wanita berbeda.


Kembalikan Kesehatan Kulit Kepala

Solusi terbaik dalam mengatasi ketombe adalah dengan mengembalikan kesehatan kulit kepala anda. Selalu jaga kesehatan kulit kepala anda untuk mengatasi atau mencegah timbulnya ketombe.


Itulah sedikit tips cara ampuh menghilangkan ketombe dari kami. Semoga bermanfaat untuk anda.


#Bantu Bagikan Artikel Kami Dong :)

0 komentar:

Post a Comment