Top Ad 728x90

5 Fakta Unik Tentang Telinga

5 Fakta Unik Tentang Telinga

Telinga merupakan anggota tubuh penting yang berfungsi sebagai panca indera pendengaran bagi manusia.  Selain sebagai alat pendengaran, telinga juga berfungsi menjaga keseimbangan tubuh kita. Tapi tahukah anda ternyata terdapat hal unik tentang telinga yang belum kita ketahui.

Berikut fakta unik tentang telinga



Menyeimbangkan tubuh

Telinga dapat menyeimbangkan tubuh kita agar dapat berdiri secara benar dan tidak jatuh. Selain itu telinga juga menjaga keseimbangan kepala kita yang di lakukan vestibular telinga.


Telinga bisa membersihkan diri sendiri

Penumpukan kotoran di dalam telinga di karenakan adanya kegiatan memproduksi lilin oleh telinga, dimana lilin tersebut juga berfungsi melindungi telinga. Kegiatan produksi tersebut di bantu oleh silia atau rambut halus di dalam telinga.


Rambut halus di telinga tidak bisa tumbuh

Dalam proses pendengaran, rambut halus berperan penting sebagai pengirim gelombang suara ke otak. Sehingga otak dapat memahami dan menganalisis sura yang kita dengar. Yang harus anda ketahui, kerusakan rambut halus di dalam telinga dapat menyebabkan ketulian dan rambut tersebut tidak dapat tumbuh kembali.


Proses mendengar tidak pernah berhenti

Ternyata telinga tidak pernah berhenti melakukan tugasnya walaupun anda sedang tidur. Alasan mengapa anda tidak mendengar saat tidur, sebenarnya proses mendengar tidak pernah berhenti meskipun anda sedang tidur. Hanya saja kegiatan mendengar tersebut tidak sampai ke otak, dikarenakan otak kita sedang melakukan istirahat dan menutup kemampuan untuk mendegar.


Mual disebabkan oleh telinga

Penyebab rasa mual dan ingin muntah saat perjalanan sebenarnya bukan di karenakan masalah perut. Rasa mual tersebut bermulai dari bagian telinga dalam karena terganggunya gerak pusat keseimbangan (aparatus vestibular).


Nah itulah fakta unik tentang telinga yang telah kami rangkum untuk anda.

#Bantu Bagikan Artikel Kami Dong :)

0 komentar:

Post a Comment