Top Ad 728x90

Waspada !! Orang Tua ketahuilah, Ini 4 Efek Negatif Media Sosial Bagi Anak dan Remaja


Telah kita ketahui media sosial mempunyai efek positif dan efek negatif bagi anak dan remaja . Efek positifnya dapat menambah wawasan, kemudian dari sisi negatifnya dapat membuat si anak jadi malas sampai melakukan tindak kejahatan.

Hal buruk tersebut bisa saja terjadi, sebab sifat anak dan remaja tergolong masih labil yang tak bisa membedakan mana dunia maya dan nyata. Dari itu, orang tua harus sangat berhati-hati terhadap dampak buruk media sosial tersebut bagi si anak.

Berikut telah kami rangkum 4 dampak buruk media sosial menurut buku 17 Rumus Keren Berinternet.


Malas


Media sosial dapat membuat anak menjadi malas !! sebab anak akan malas belajar dan berkomunikasi di dunia nyata, serta akan mengganggu tingkat pemahaman bahasa anak. Apabila dari kecil anak sudah berkomunikasi di dunia maya, nantinya akan membuat bahasa tubuh dan nada suara akan berkurang.


Tak peduli lingkungan


Media sosial akan membuat anak asyik sendiri serta membuat anak lebih mementingkan dirinya sendiri. Mereka akan kurang berempati dan acuh terhadap lingkungan sekitar mereka.


Sulit berkomunikasi


Bagi remaja, di jejaring sosial tidak ada aturan tentang tata bahasa menulis dan ejaan. Dari itu akan membuat mereka sulit membedakan antara berkomunikasi di dunia maya dan berkomunikasi di dunia nyata. Hal tersebut tentunya sangat berpengaruh dalam keterampilan menulis, ejaan dan tata bahasa mereka di sekolah.


Awas predator kejahatan


Ini merupakan efek paling fatal, sebab di jejaring sosial merupakan  lahan subur bagi predator kejahatan. Anak dan remaja tidak akan pernah tau, apakah seseorang yang baru dikenalnya di jejaring sosial tersebut menggunakan jati diri sesungguhnya atau tidak.

Nah itulah efek negatif penggunaan media sosial bagi anak. Sebaiknya kita sebagai orang tua atau orang yang lebih tua dari mereka harus berhati-hati dan selalu mengawasi mereka agar terhindar dari hal buruk tersebut.

Ayo bagikan bila anda suka dengan artikel di atas.

#Bantu Bagikan Artikel Kami Dong :)

0 komentar:

Post a Comment