Top Ad 728x90

ANALISIS KASUS PENDIDIKAN Pendidikan Ramah Anak, Tantangan 2016,Baca selengkapnya..



BAB I
PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang Permasalahan
Kasus kekerasan seksual pada anak (paedofil) di sekolah, masih menjadi fenomena gunung es. Hal ini disebabkan kebanyakan anak yang menjadi korban kekerasan seksual enggan melapor. Sebuah artikel lain pun memperkuat data bahwa kekerasan baik fisik, psikis maupun seksual di sekolah menjadi masalah yang sulit diputus.
Dalam sebuah penelitian di 5 negara di Asia (Indonesia, Kamboja, Nepal, Pakistan, dan Vietnam) yang dilakukan oleh Organisasi Nonprofit Plan Internasional dan ICRW (Internasional Central for Research on Women) terhadap 9.000 murid berusia 12-17 tahun, guru, kepala sekolah, dan orangtua murid ditemukan, 7 dari 10 anak pernah mengalami kekerasan di sekolah.
Hasil riset yang dirilis awal Maret 2015 menyebutkan, 84 persen anak di Indonesia mengalami kekerasan di sekolah, baik berupa perundungan, penganiayaan verbal, psikologis, maupun penganiayaan di dunia maya. Angka ini lebih tinggi dari tren di kawasan Asia, yakni 70 persen.
1.2  Sebab-sebab
Adapun sebab-sebab adanya masalah yang ditemukan dalam artikel tersebut berdasarkan narasumber : Biyanto, dosen UIN Sunan Ampel dan wakil sekretaris PW Muhammadiyah Jawa Timur, Nandita Bhatla, Senior Technical Specialist di ICRW, Marta Santos Pais, Perwakilan Khusus Sekretaris Jendral PBB dan Pedagog Arief Rachman. Sebab-sebab itu adalah:
1.      Kurangnya materi pendidikan seks.
2.      Miskin nilai.
3.      Anak-anak tidak mengetahui tempat atau saluran mereka bisa melaporkan kejahatan tersebut.
4.      Kurangnya bimbingan dari orang tua dan guru dalam memilih informasi yang bermanfaat.

Lalu ditinjau dari kegiatan belajarnya sesuai dengan sebab-sebab terjadinya masalah tersebut yaitu ketika anak-anak memperoleh pengetahuan mengenai seluk beluk seks dan kesehatan reproduksi dari sumber yang tidak benar yakni mencari sendiri melalui media online. Hal tersebut mengakibatkan terjadi suatu permasalahan terkait dengan perkembangan sosial dan moral dalam proses belajar. 

Selengkapnya anda dapat unduh dan baca [ DISINI ]

#Bantu Bagikan Artikel Kami Dong :)

0 komentar:

Post a Comment