Top Ad 728x90

Download Makalah tentang Zoologi dan Kajianya




BAB I
PENDAHULUAN
A.     Latar Belakang
Tonggeret adalah salah satu serangga anggota subordoCicadomorpha, ordo Hemiptera.Tonggeret ini memiliki banyak anggota tubuh yang dapat mengeluarkan suara keras. Selain nama tonggeret, ada juga sebutan lain yang berhubungan dengan suara yang dikeluarkannya, seperti garengpung dan uir-uir oleh orang Jawa, dan cengreret oleh orang Sunda.Tonggeret disebut juga kinjeng tangis, karena suaranya yang terdengar seperti orang yang sedang menangis.Banyak nama untuk Tonggeret, di negara jepang disebut Semi, di Perancis disebut Cigale, di Spanyol disebut Cigarre, di Sunda disebut Cengreret, di Jawa disebut Garengpung.
Di seluruh dunia ada hingga sekitar 3.000 spesies tonggeret.Tonggeret lebih dekat hubungan taksonominya dengan wereng dan kutu loncat. Tonggeret ini dikelompokkan dalam dua familia, yaituTettigarctidaedan Cicadidae.  Ada dua spesies Tettigarctidae yang telah punah, yaitu yang satu di Australia selatan, dan yang satu lainnya di Tasmania. Familia Cicadidae dibagi lebih jauh ke dalam sub familia Tettigadinae, Cicadinae dan Cicadettinae.
Tonggeret mempunyai sepasang mata faset yang letaknya terpisah jauh di kepalanya, juga memiliki sayap yang tembus pandang. Bentuknya seperti lalat yang besar, meskipun ada tonggeret yang berukuran kecil. Tonggeret hidup di daerah beriklim sedang hingga tropis dan sangat mudah dikenali di antara serangga lainnya, terutama karena tubuhnya yang besar dan akustik luar biasa yang dihasilkan dari alat penghasil suara di bawah sayapnya.
Tonggeret merupakan serangga yang siklus hidup nya dianggap tidak sempurna.Terdapat empat fase metamorfosis tonggeret, yaitu fase larva atau telur, nimfa, muda dan tonggeret dewasa.Meskipun tidak semua tonggeret jantan dewasa yang dapat mengeluarkan suara nyaring, namun hanya sedikit tonggeret betina yang dapat melakukannya. Setiap spesies memiliki nyanyian yang berbeda agar tidak terjadi kesalahan kawin dengan spesies lain.
Biasanya, tonggeret hidup di wilayah yang iklimnya sedang atau tropis,  terdapat di semua benua kecuali Antartika. Ketika musim penghujan, suaranya akan lebih nyaring. Terlebih jika  sudah pada tahap dewasa, mereka akan keluar dari bawah tanah untuk melakukan perkawinan.

B.     Rumusan Masalah
Adapun rumusan masalah dari makalah ini yaitu:
1.      Apa pengertian dari tonggeret?
2.      Bagaimanakah morfologi tongeeret?
3.      Bagaimanakah siklus hidup tonggeret?
4.      Seperti apakah habitat dan zoogeografi tonggeret?
5.      Apa sajakah peranan tonggeret dan bagaimanakah perspektifnya dalam islam?
C.     Tujuan
Adapun tujuan pembuatan makalah ini yaitu:
1.      Untuk mengetahui pengertian dari hewan tonggeret
2.      Untuk mengetahui morfologi tonggeret
3.      Untuk mengetahui siklus hidup tonggeret
4.      Untuk mengetahui habitat dan zoogeografi tonggeret

5.      Untuk mengetahui peranan tonggeret dan perspektifnya dalam islam

      Untuk melihat BAB II dan BAB III download dulu [ DISINI ]

#Bantu Bagikan Artikel Kami Dong :)

0 komentar:

Post a Comment