Top Ad 728x90

Makalah Ekonomi tentang Persaingan Pasar Sempurna




BABI
PENDAHULUAN


I.1        LATAR BELAKANG MAKALAH

Indonesia memiliki beragam pasar, dan pasar-pasar tersebut mempunyai keadaan untuk mencapai kondisi yang ideal. Para pelaku produsen ingin menjalankan kegiatan produksi secara sukses dan produk yang dihasilkan dapat dinikmati oleh konsumen. Segala upaya dilakukan agar hal tersebut dapat terwujud, seperti penyediaan berbagai produk yang memang diminati serta dibutuhkan oleh konsumen pada saat ini, dengan kata lain produk tersebut memiliki potensi besar karena didukung oleh para konsumen yang besar, terlebih mampu menarik daya beli konsumen terhadap produknya, dan produk tersebut juga tentunya dapat memberikan benefityang relatif sama bagi semua konsumen.
Menjadi sangat penting dalam sebuah pasar dapat memberikan karakteristik dalam setiap produsen terhadap produknya. Untuk itu, produsen perlu memperhatikan segala faktor dan aspek hambatan yang akan mempengaruhi perusahaan dalam bentuk persaingan di dalam pasar. Dalam pasar persaingan sempurna, struktur pasar akan mempengaruhi mobilitas perusahaan, jumlah perusahaan, sifat produk yang dihasilkan serta kemampuan perusahaan dalam mempengaruhi harga dan pasar.
Semua hal tersebut yang menjadi dasar dan alasan mengapa makalah ini dibuat, kami akan jelaskan lebih lanjut dalam berbagai rumusan masalah dan informasi lain mengenai “Perekonomian Dalam Pasar Persaingan Sempurna”.

I.2        RUMUSAN MASALAH

                        Rumusan masalah yang dibahas dalam makalah ini, diantaranya:
·         Apakah itu definisi dan karakteristik dari pasar persaingan sempurna?
·         Bagaimanakah permintaan, penerimaan dan penawaran dalam pasar persaingan sempurna?
·         Apakah bentuk-bentuk keseimbangan yang terjadi didalam pasar persaingan sempurna serta kondisi posisi perusahaan terkait masalah ini?
·         Apakah kelebihan dan kelemahan pasar persaingan sempurna?

I.3        TUJUAN PEMBUATAN MAKALAH

Tujuan pembuatan makalah ini, diantaranya:
·         Mengetahui definisi dan karakteristik dari pasar persaingan sempurna.
·         Mengetahui permintaan, penerimaan dan penawaran pasar persaingan sempurna.
·         Mengetahui bentuk keseimbangan yang terjadi dalam pasar persaingan sempurna dan kondisi posisi perusahaan terkait masalah ini.
·         Mengetahui kelebihan dan kelemahan pasar persaingan sempurna.

I.4        METODE PENGUMPULAN DATA

Metode pengumpulan data dalam pembuatan makalah ini, diantaranya:
1.      Internet (Web-sites). Melalui internet semakin memudahkan kita dalam mencari sumber informasi pembuatan makalah ini, dan diharapkan dapat memberikan referensi untuk apa yang para pembaca perlukan.
2.      Buku Referensi. Berbagai bahan bacaan seperti buku cetak (terkait ekonomi mikro & pasar persaingan sempurna) diperlukan guna menjadi bahan referensi pada pembuatan makalah ini.

I.5        SISTEMATIKA PENULISAN

                        Adapun sistematika penulisan dalam makalah ini, antara lain:
1.      BAB I . PEMBUKAAN. Pada bagian ini, akan dibahas mengenai dasar-dasar pembuatan makalah, diantaranya: latar belakang, rumusan masalah, tujuan pembuatan makalah, dan metode pengumpulan data, serta sistematika penulisan makalah ini.
2.      BAB II . PEMBAHASAN. Pada bagian ini, akan dibahas mengenai bahan / materi yang sedang diangkat yaitu “Pasar Persaingan Sempurna”, mulai dari: definisi, karakteristik, permintaan, penerimaan dan penawaran serta kelebihan dan kelemahan dalam pasar persaingan sempurna, dsb.
3.      BAB III . PENUTUP. Pada bagian ini, terdapat rangkuman terkait pembahasan materi dari awal hingga akhir, kritik dan saran, serta daftar pustaka yang dijadikan sebagai sumber informasi dan referensi dari pembuatan makalah yang telah dibuat.


Untuk membaca selengkapnya anda dapat mengunduh [ DISINI ]

#Bantu Bagikan Artikel Kami Dong :)

0 komentar:

Post a Comment