Top Ad 728x90

6 Buah Enak ini Sahabat Gigi Lhoo


kepozen.com - Merawat gigi tidak perlu mengeluarkan biaya yang mahal. Buah-buahan yang mengandung vitamin c dapat menjaga kesehatan gigi dan gusi. Mengkonsumsi buah-buahan juga sangant baik bagi kesehatan tubuh, karena banyak mengandung serat, vitamin dan tentunya bebas dari lemak jahat. Beberapa buah ini terbukti memiliki manfaat bagi kesehatan gigi lho, mari kita simak beberapa buah tersebut dibawah ini:

1. Apel
Mengkonsumsi apel setelah makan merupakan cara alami untuk membersikan gigi. Mengkonsumsi apel sebagai makanan penutup memrupakan rangsang mekanik untuk menignkatkan aliran aliva. Apel mengandung senyawa polifenol yang yang dapat menguranig perkembangan karies. Selain senyawa polifenol, apel juga mengandung zat tanin yaitu zat yang bermanfaat untuk mencegah periodontis. Periodontis merupakan kerusakan pada jaringan penunjang gigi yang diakibatkan oleh saling menempelnya bakteri pembentuk plak. Kandungan seratnya juga baik untuk diet yang baik bagi kesehatan tubuh.

2. Anggur  
Anggur mempunyai kombinasi alami yang membantu membersihkan jaringan sel, termasuk jaringan gigi. Kandungan tersebut yaitu asam buah, gula alami dan berbagai sifat astringent.  Selain kandungan tersebut, anggur juga mengandung baron dengan kadar yang tinggi dan dapat mencegah osteoporosis. Kandungan polifenol dan tanin dalam anggur juga merupakan bahan antivirus dan antikangker sehingga mampu menghalangi terjadinya karises gigi.

3. Bengkoang
Bengkoang mengandung gula, pati, fosfor dan kalsium. Selain kadar airnya yang tinggi,rasa manis yang berasal dari zat inulin berkhasiat untuk meningkatkan penyerapan dan deposisi kalsium pada tulang dan tentu saja berpengaruh baik untuk kesehatan gigi.

4. Jambu Biji
menjaga kesehatan gusi juga merupakan hal penting untuk menjaga kesehatan gigi. Kandungan vitamin C yang banyak pada jambu biji sangat pentingn untuk kesehatan gusi. Jika kita kekurangan vitamin C dalam jangka yang cukup lama, maka akan mengakibatkan gusi kita mudah terserang berbagai penyakit. Penyakit yang sering terjadi karenan kekurangan vitamin C antara lain gusi menjadi bengkak dan berdarah. Akibat lain dari bengkak dan berdarahnya gusi kita berpengaruh terhadap gigi, dan dapat menyebabkan gigi menjadi goyah bahkan rontok. Jadi jangan lupa untuk mengkonsumsi jambu biji, untuk kesehatan kita.

5. Jeruk Nipis
Jeruk nipis berkhasiat untuk mengobati penyakit yang biasa timbul pada mulut kita, antara lin sariawan, sakit gigi dan mencegah kangker mulut. Jeruk nipis juga mengandung sejenis minyak yang bermanfaat untuk menyegarkan mulut.

6. Buah Berry
Buah berry seperti strowberry, cranberey maupun blueberry merupakan buah yang menjadi sumber flavonoid yang mempunyai khasiat anti bakteri dan dapat menghambat terjadinya karies. Sejumlah penelititan membuktikan bahwa cranberry dapat menurunkan jumlah bakteri dalam air liur. Mekanismenya yaitu kandungan komponen bioaktif yang memiliki efek antimikroba bekerja menghambat perlekatan bakteri ke permukaan gigi. Dan hal tersebut membuat bakteri tidak dapat berkolonisasi di permukaan gigi.


Untuk menjaga kesehatan gigi kita tidak perlu menggunakan cara-cara yang merepotkan dan menghabiskan biaya yang banya. Dengan menjaga pola hidup sehat dan memperhatikan makanan yang kita konsumsi, secara alami kesehatan tubuh kita akan terjaga. 

#Bantu Bagikan Artikel Kami Dong :)

0 komentar:

Post a Comment