Top Ad 728x90

Kuliah GRATIS, dengan Beasiswa Bidikmisi


Kepozen.com-Bidikmisi adalah beasiswa untuk siswa yang teah lulus SMK/SMA/MA sederajat yang ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi yang berasal dari keluarga kurang mampu dan memiliki potensi akademik yang baik. Penerima beasiswa akan dapat mengenyam pendidikan di universitas yang dituju dengan GRATIS tanpa dipungut biaya apapun.

Setiap semester  penerima beasiswa akan memperoleh uang sebesar RP 6.000.000 yang akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup sekaligus pembiayaan bagi kuliahnya. Univesitas akan mengelola dana tersebut untuk digunakan sebagai biaya kuliah dan penerima beasiswa akan memperoleh uang saku minimal Rp 600.000 perbulan atau sebesar Rp 3.600.000 selama satu semester yang akan ditransfer melalui rekening pribadi penerima beasiswa. Hal itu  berarti Uang Kuliah Tunggal  (UKT/biaya kuliah) maksimal yang boleh ditetapkan oleh perguruan tinggi bagi penerima beasiswa bidikmisi sebesar Rp 2.400.000.

Adapun persyaratan untuk dapat melamar beasiswa bidikmisi 2017 antara lain sebagai berikut:
  1. Siswa SMA/SMK/MA atau bentuk lain yang sederajat yang akan lulus pada tahun 2017;
  2. Lulusan tahun 2016 yang bukan penerima Bidikmisi dan tidak bertentangan dengan ketentuan penerimaan mahasiswa baru di masing-masing perguruan tinggi;
  3. Usia paling tinggi pada saat mendaftar adalah 21 tahun;
  4. Tidak mampu secara ekonomi dengan kriteria:
a)      Siswa penerima Beasiswa Siswa Miskin (BSM) atau Pemegang Kartu Indonesia Pintar (KIP) atau sejenisnya; atau
b)      Pendapatan kotor gabungan orang Tua/Wali (suami istri) maksimal sebesar Rp3.000.000,00 per bulan dan atau pendapatan kotor gabungan orangtua/wali dibagi jumlah anggota keluarga maksimal Rp750.000,00 setiap bulannya.
  1. Pendidikan orang Tua/Wali setinggi-tingginya S1 (Strata 1) atau Diploma 4;
  2. Memiliki potensi akademik baik berdasarkan rekomendasi objektif dan akurat dari Kepala Sekolah;
  3. Pendaftar difasilitasi untuk memilih salah satu diantara PTN atau PTS dengan ketentuan:
a)      PTN dengan pilihan seleksi masuk:
1)      Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN);
2)      Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMTPN);
3)      Seleksi mandiri PTN.
4)      Politeknik, UT, dan Institut Seni dan Budaya
5)      PTS sesuai dengan pilihan seleksi masuk.


Untuk dinyatakan lolos dan mendapatkan beasiswa bidikmisi, calon mahasiswa harus terlebih dahulu memastikan lolos ujian masuk perguruan tinggi. Baik melalui jalur SNMPTN, SBMPTN atau Ujian Mandiri Perguruan Tinggi. Setelah dinyatakan lolos seleksi masuk, peserta yang mendaftar akan divisitasi langsung ke tempat tinggalnya untuk melihat keadaan ekonomi sekaligus kevalidan data yang telah diberikan oleh calon penerima beasiswa. 


Visitasi dilaksanakan oleh pihak universitas yang dituju oleh calon mahasiswa tersebut. Jangan kuatir, apabila tidak lolos beasiswa bidikmisi. Apabila calon mahasiswa kurang mampu ingin tetap berkuliah masih banyak beasiswa-beasiswa yang menanti untuk diperoleh di perguruan tinggi. Jadi jangan menyerah untuk mencoba.
 

#Bantu Bagikan Artikel Kami Dong :)

0 komentar:

Post a Comment