Top Ad 728x90

Cara terhindar dari penyakit Sinusitis


kepozen.com - Penyakit sinusitis sekarang ini telah menjadi salah satu penyakit yang pantas untuk kita khawatirkan, pasalnya dari hasil penelitian sejumlah pakar sinusitis sekarang ini telah banyak menjangkit masyarakat tanah air. Bahkan ternyata setidaknya 2 dari 7 orang terjangkit sinusitis setiap harinya.
Cukup mengkawatirkan bukan? Pastinya, terlebih lagi polusi lingkungan di tanah air sendiri sekarang ini cukup tinggi yang bahkan semakin memperparah penderita sinusitis. Anda salah satu orang yang mengalaminya? Sangat bisa dipahami apa yang Anda rasakan, karena secara medis penderita sinus memang bisa memproduksi cairan lendir alias ingus hingga 2 liter setiap harinya.
Apa yang harus Anda lakukan untuk meringankan sinusitis? Sebenarnya ada beberapa cara yang cukup membantu meringankannya, tapi cara tersebut hanya dianjurkan bagi Anda yang mengalami sinusitis ringan. Jika sudah masuk dalam taraf yang parah sebaiknya segera periksakan diri ke dokter untuk mencegah kondisi yang lebih berbahaya seperti infeksi tulang, infeksi mata atau radang selaput otak alias meningitis.

Jaga Kebersihan Lingkungan

Kebersihan lingkungan adalah cara yang sangat dianjurkan bagi Anda yang mengalami sinusitis. Sebisa mungkin lingkungan Anda seperti rumah atau kamar Anda selalu bersih dari debu dan jamur. Bahkan sebaiknya Anda juga rutin membasuh benda-beda yang ada disekitar agar tidak menyimpan debu yang bisa terhirup masuk ke pernapasan.

Terapi Neti Pot

Penggunaan neti pot, yaitu sebuah wadah air yang berbentuk seperti lampu ajaib Aladin, juga menjadi cara yang baik untuk mengurangi masalah sinusitis Anda. Neti pot berfungsi untuk membasuh sinus agar mencegah infeksi sinus dan juga masalah alergi semakin parah. Pasalnya polusi udara menjadi hal yang sangat sensitif bagi sinus.

Perhatikan Menu Makanan

Mengkonsumsi makanan yang higienis, makanan yang memenuhi nutrisi harian dan juga makanan yang aman untuk Anda konsumsi adalah salah satu tips yang baik untuk meringankan masalah sinusitis yang Anda derita. Misalnya dengan memperhatikan kondisi tubuh setelah mengkonsumsi makanan tertentu, jika setelah makan sinus Anda semakin parah maka hentikan mengkonsumsi makanan tersebut.

Terapi Getaran dan Penghangatan

Terapi getaran dengan menggunakan alat pemijat pada daerah sinus bermanfaat untuk meringankan gangguan sinus. Karena getaran alias vibrasi membantu menghilangkan mukus pada sinus. Selain itu meletakkan handuk yang telah dihangatkan pada bagian kepala juga ampuh meringankan sinus.

Stop Merokok

Merokok adalah aktivitas yang tidak sehat, bahkan bagi penderita sinus kebiasaan ini juga akan memperparah iritasi dan juga inflamasi pada sinus. Nah, jika Anda ingin meringankan masalah sinusitis yang Anda derita maka stop kebiasaan merokok.
Semoga bermanfaat

#Bantu Bagikan Artikel Kami Dong :)

0 komentar:

Post a Comment