Top Ad 728x90

Ini dia,4 mata uang terunik didunia



Kepozen.com – Setiap Negara pasti memiliki jenis mata uang yang berbeda satu sama lain.Belakangan ini masih hangat berita mengenai beredarnya uang baru di Negara Indonesia dengan tampilan yang lebih elegan dan corak warna yang menyala.Disamping itu penerbitan uang baru ini juga tidak semua nya pro,ada juga yang berkomentar miring tentang hal-hal yang berkaitan dengan uang baru yang telah diedarkan tersebut.Terlepas dari hal diatas mari kita simak 4 jenis mata uang terunik di dunia.


 
1.        Dilihat dari bentuknya uang kertas ini mungkin akan mirip dengan uang mainan yang sering dimainkan pada era 90-an lalu. Tapi jangan salah uang dengan bentuk unik ini dipakai sebagai alat transaksi di Kepulauan Cook di Pasifik Selatan.Kepulauan cook merupakan gugusan 15 pulau kecil di bagian selatan Pasifik yang berserikat dengan Selandia Baru. Umumnya di Kepulauan Cook mata uang yang digunakan adalah dollar Selandia Baru, tapi bukan berarti mereka tidak punya mata uang sendiri. Tapi karena keunikannya tersebut uang pecahan 10 dollar dengan gambar yang mungkin bisa membuat kami mendapat teguran, hanya berlaku di Kepulauan Cook karena tidak ada satu pun bank dunia yang bisa menerimanya.
2.      George Best semua orang pastinya tahu, ya dia adalah salah satu pesepakbola legendaris asal Irlandia Utara sekaligus merupakan bintang Manchester United di masanya.Karena kehebatannya sosok George Best ternyata dijadikan sebagai tokoh pada pecahan uang kertas 5 pound. Pastinya unik, apalagi ada tampilan Manchester United di dalamnya dan ternyata uang kertas pecahan 5 pound ini tidak dicetak dalam jumlah banyak. Unik dan langka tentunya.
3.    Pernah terbanyang berapa seberapa banyak uang 100 triliun? Mungkin satu lemari saja tidak cukup. Tapi di Zimbabwe uang dengan nominal fantastis tersebut justru dicetak dalam satu lembar.Uang 100 triliun dollar pertama kali beredar pada tahun 2009, dimana saat itu bank sentral Zimbabwe mengeluarkan uang 100 triliun dollar karena mengalami inflasi. Bahkan di masa itu satu buah roti bisa berharga 300 miliar dollar Zimbabwe.
4.      Semasa perang dunia I setiap Negara mengalami begitu banyak kejadian, bukan hanya bangunan-bangunan yang runtuh dan aksi-aksi pembantaian selama perang tapi inflasi pun terjadi secara besar-besaran.Sebelum 1923 Jerman mengalami inflasi besar yang membuat mata uangnya jadi nyaris tidak berharga. Sebagai cara untuk menjembatani perekonomian pemerintah Jerman bersama sejumlah perusahaan lokal sepakat untuk mengeluarkan mata uang darurat bernama alias notgeld. Mata uang tersebut bisa dicetak dengan berbagai bahan, tidak harus kertas tapi bisa juga dari kulit hewan, kayu atau bahkan keramik. Bahkan saat itu pemerintah membebaskan bentuk uangnya seperti apa, dan pecahan 100 tersebut adalah salah satu uang paling unik di masa perang dunia I.
Demikia 4 mata uang terunik yang ada didunia dengan beragam nilainya.
Baca juga artikel unik lainya tentang 12 tanda toilet keren dan unik

#Bantu Bagikan Artikel Kami Dong :)

0 komentar:

Post a Comment