Top Ad 728x90

Baterai HP Di-charge Semalaman? Jangan khawatir, Kenali Mitos Seputar Pengisian Baterai

Kepozen.com-Baterai adalah salah satu komponen yang penting pada handphone. Banyak simpang siur yang beredar mengenai pengisian baterai hp sehingga menimbulkan banyak kesalahpahaman para penggna smartphone khususnya. Berbagai pertanyaan seperti bagaimana pengisian baterai yang benar? Atau haruskah baterai diisi hingga daya mencapai 100%?

Berikut ini kami rangkumkan beberapa mitos dan fakta yang beredar mengenai pengisian hp. Jangan sampai anggapan salah kita selama ini membuat kita bingung:
  • Baterai harus diisi dengan charger bawaan saat membeli
Charger berkualitas buruk yang banyak beredar dapat berdampak buruk pada performa baterai. Tetapi bukan berarti kita tidak dapat mengisi baterai dengan charger yang berbeda dari charger bawaan baterai asalkan mempunyai kualitas yang baik yang tidak kalah dengan charger bawaan.
Perbedaan yang mencolok adalah tentang kapasitas penyaluran arus baterai. Baterai yang berkapasitas penyaluran yang lebih besar akan dapat mengisi daya baterai dengan lebih cepat.
  • Tidak boleh menggunakan ponsel saat sedang diisi dayanya
Penggunaan ponsel saat sedang dalam proses charge tidak akan mempengaruhi kinerja dan kondisi baterai. Baterai akan tetap terisi sebagimana mestinya walaupun digunakan saat pengisian daya. Jadi jangan khawatir akan merusak baterai anda.
  • Pengisian semalaman akan merusak baterai
Seringkali kita memiliki kebiasaan mengisi baterai sebelum tidur. Akan tetapi tidak jarang kita sering terlupa dan membiarkan ponsel ter-charge semalaman karena tertidur sebelum sempat mencabut chargernya. Tetapi jangan khawatir, pengisisan baterai semalaman tidak akan merusak baterai ponsel anda, karena banyak smartphone masa kini yang sudah memiliki fitur yang dapat memutus otomatis sambungan daya saat sudah terisi penuh walaupun masih terhubung dengan charger.
  • Menjemur baterai dapat memperpanjang umur baterai
Pada zaman dulu orang-orang sering menjemur baterai agar lebih awet digunakan, akan tetapi mitos ini tidaklah benar. Baterai akan rusak disebabkan karena terlalu kepanasan terkena sinar matahari.
  • Browsing internet adalah kegiatan penguras baterai yang paling banyak
Mitos satu ini juga tidaklah benar. Pengunaan baterai yang paling boros adalah saat kita bermain video game 3D ataupun menonton video game online. Aktivitas lain yang sangat menguras daya baterai adalah menonton video youtube secara online. Baterai akan sangat boro apabila kita menggunakannya untuk menonton konten yang berhubungan dengan video. Jiak anda ingin mengheman daya baterai, maka sebaiknya pergunakanlah ponsel untuk aktivitas yang berbasis teks.
  • Sebelum digunakan pengisisan baterai harus mencapai daya maksimal yaitu 100%
Banyak porang beranggapan baterai yang terisi secara optimal akan membuat kinerja ponsel akan maksimal pula dan sebaliknya. Padahal hal itu sama sekali tidak ada kaitannya. Baterai akan tetap bekerja secara maksimal sekalipun hanya memiliki daya berkapasiras 40% hingga 80%.

Semoga dengan artikel ini dapat menjawab kebingungan anda dalam pengisisan baterai smartphone kesayangan anda.


#Bantu Bagikan Artikel Kami Dong :)

0 komentar:

Post a Comment