Top Ad 728x90

Tips memilih sekolah terbaik bagi anak,ini dia pertimbanganya?




Memilih sekolah terbaik yang tepat untuk anak memang membuat percaya diri bahwa ia akan belajar selektif dan diperlakukan secara adil.Kehati-hatian dan kecermatan anda memilih sekolah anak akan sangat penting agar ia bisa mencapai semua yang bisa dilakukanya.

Sadar atau tidak orang tua memaksakan kehendak anak dengan menentukan sekolah anak.Anda tak menawarkan pilihan kepada anak .Padahal ia yang menjalani,Jangan hanya gengsi atau ingin bergabung dengan sesama anak teman,anda menghilangkan hak anakuntuk ikut menentukan masa depanya.Agar ia lebih nyaman dalam belajar,tenttu saja perlu dipertimbangkan aspek kemapuan,kebutuhan,dan yang tak kalah penting tentunya bakat yang anak miliki tak boleh dilupakan.

Langkah memilih sekolah

- Tentukan criteria sekolah yang ingin dituju.Pertimbangkan apa yang bisa dilakukan sekolah untuk anak,apakah menerapkan disiplin yang tinggi atau tidak.
- kumpulkan informasi tentang sekolah sebanyak mungkin.Anda bisa memperoleh informasi tertulis atau brosur,majalah atau Koran.
- Buat daftar sekolah mana yang mendekati criteria yang diinginkan.
- Lakukan observasi langsung,kunjungi sekolah yang ingin dituju,jangan hanya mengandalkan informasi tertulis yang anda kumpulkan.Jika memungkinkan minta penjelasan kepada kepala sekolah atau bagian humas agar informasi yang anda cari lebih lengkap.


Yang perlu juga dipertimbangkan dalam memilih sekolah untuk anak

- Lokasi.Apakah jarak yang ditempuh dekat ataukah jauh dari rumah.Sebaiknya jarak sekolah tidak terlalu jauh dari lokasi tempat tinggal.Pertimbanganya agar anak tidak kelelahan dalam menjalankan aktivitas sekolah.
- Transportasi.Bagaimana anak mencapai sekolah?apakah menggunakan fasilitas antar jemput dari sekolah atau dari rumah,angkutan umum atau jalan kaki.
- Tanaga pengajar.Apakah guru-gurunya memiliki kompetensi dalam mengajar yang cukup mumpuni atau tidak untuk mengajarkan anak-anaknya untuk berinteraksi dan berkomunikasi dengan anak atau dengan sesame pengajar.
- Biaya sekolah. Biaya sekolah seharusnya dipikirkan matang-matang agar tidak terlalu membebani.
- Metode Belajar. Saat ini,banyak lembaga pendidikan yang menawarkan beragam metode belajar serta kurikulum yang tersedia.Ada yang berkonsep agama,mengadopsi kurikulum luar negeri,atau memiliki konsep alam,belajar diruang terbuka.
- Fasilitas sekolah.Perhatikan apakah sekolah menyediakan fasilitas yang memadai ,apakah kondisi gedung serta fasilitas fisik lain perlu dipertimbangkan.Hal ini berkaitan dengan keamanan anak selama berada dilingkungan sekolah,apakah sekolah menyediakan fasilitas yang sesuai dengan kemampuan dan bakat si anak?
- Peluang untuk bersosialisasi.Hal ini patut juga dipertimbangkan terutama jika anda memilih sekolah yang khusus untuk anak laki-laki atau perempuan,homeschooling atau sekolah yang jauh dari tempat tinggal.
- Tekanan akademis atau sosial.Pertimbangkan apa yang kira-kira akan dihadapi anak disekolah.Apakah ia mampu mengatasinya atau tidak>

TIPS

            Libatkan anak ketika memilih sekolah,jika memungkinkan,ajak anak ketika mengunjungi sekolah.Kunjungi calon sekolah,lakukan kunjungan ketika sedang masa belajar reguler,jangan di minggu-minggu awal sekolah,untuk melihat situasi sekolah yang sesungguhnya.Buat kesepakatan sukarela dengan anak bahwa sekolah yang akan dimasuki murni pilihan anak ketika anda sudah membuat pilihan.Ini akan membuat anak bangga karena diberi kesempatan untuk melakukan hal yang penting.

Itu dia Tips dalam memilih sekolah terbaik bagi anak.Jangan salah pilih sekolah.Karena besar kemungkinan akan menentukan kesuksesan anak dimasa yang akan datang.Terimakasih telah berkunjung.Share bila berkenan.


#Bantu Bagikan Artikel Kami Dong :)

0 komentar:

Post a Comment