Top Ad 728x90

,

Faktor penyebab anak menjadi Keras Kepala


 Faktor penyebab anak menjadi  Keras Kepala

Salah satu kebahagiaan orang tua adalah melihat perkembangan kepribadian anak-anaknya.Kemampuanya untuk mengutarakan hal yang disukai dan tidak disukai oun membuat orang tua takjub.Anda senang ketika ia menuruti perintah.Sebaliknya ketika ia mulai bisa membantah ,Anda pun bingung dibuatnya.

“Ma,aku nggak mau ke dokter!” kata si kecil.Kemudian,ia langsung masuk kamar dan mengunci pintunya.Anda heran,ia bisa membantah nasehat orang tua mulai keras kepala dan tidak mau mendengar apa yang orang tua katakana.Ditambah lagi,sambil membantah ,ia marah-marah kepada orang tua atau orang lain disekitarnya.

Beberapa waktu lalu anak mungkin hanya bisa merengek untuk mendapatkan keinginanya.Kini ,ia senang beradu argumentasi.Perilaku ini mulai tampak ketika anak berusia prasekolah dan semakin jelas pada usia 4-5 tahun.Pada usia itu,menurut Russel Barkley PhD,penulis buku “ Your Defiant Child: 8 Step to better Behavior” ,anak hanya memperhatikan keinginanya.Dan ia memiliki cara baru untuk mencapainya.Perbendaharaan katanya pun cukup  banyak sekitar 8.000 untuk mendukung cara baru sehingga ia semakin percaya diri untuk menunjukkan kemampuan berkomunikasi.

Faktor penyebab  Anak menjadi Keras Kepala
Perilaku argumentatif ini dilakukan anak karena beberapa alasan,sebagai berikut.

1.    Mencari perhatian.ini mungkin terjadi ketika ia saling membantah dengan kakak atau adiknya.Ketika salah satunya ada yang berteriak atau menangis ayah dan ibu datang.Masing-masing puns saling berebut perhatian orang tuanya.
2.    Ditemani.Sikecil terus –menerus menolaj apa yang Anda perintahkan.Ia tidak mau melakukanya jika ia tidak ditemani bermain atau menonton televise.
3.    Menunjukkan kekuasaan.Biasanya ,sikecil membantah perkataan Anda agar anda luluh dihadapanya dan mengabulkan permintaanya.Ia akan senang dan merasa dimanja oleh anda
4.    Ekspresi perasaan.Ketika andak membantah ia sedang mengekspresikan kemarahan,frustasi ,ketakutan atau kesedihan.Misalnya anda menyuruh anak membantu membersihkan meja makan.Lalu ia menjawab.”Tidak akan!” mendengar jawaban itu kadang membuat anda kesal.Tetapi daripada marah,anda lebih baik mengajarinya cara mengungkapkan perasaan dengan lebih baik.

Ada sisi positif
Anak yang terus menerus membantah tentu membuat anda frustasi.Perilaku membantah pun dianggap negatif.Tetapi,perilaku ini juga memiliki nilai positif.Dibalik itu semua sikap membantah dan keras kepala ,anak ingin menunjukkan ia mampu menentukan apa yang ia inginkan.Para pakar pun menyarankan agar orang tua memperhatikan pesan dibalik perilaku tersebut.Anak sedang berusaha mengkomunikasikan keinginanya.

Itu dia faktor penyebab dari sifat keras kepala anak dan sisi positifnya.
Terima kasih telah berkunjung dan membaca.Semoga bermanfaat.Selanjutnya akan saya bahas mengenai cara menghadapi watak keras kepala si Anak oleh orang tua.


 Baca artikel lain tentang Cara menghadapi kenakalan anak anda
                                         Bu,aku ga nakal kok !

#Bantu Bagikan Artikel Kami Dong :)

0 komentar:

Post a Comment