Top Ad 728x90

Faktor penyebab dan cara menghadapi sifat keras kepala anak




Salah satu penyebab kebahagiaan orang tua melihat perkembangan kepribadaan anak-anaknya.Kemampuan untuk mengutarakan hal yang disukai dan tidak disukai pun membuat anda takjub.Orang tua senang ketika ia menuruti perintah sebaliknya ketika ia mulai bisa membantah,Anda pun bingung dibuatnya
“Ma,aku nggak mau kedoktter!”kata si kevil.Kemudian ,ia langsung masuk kamar dan mengunci pintunya.Anda heran,ia bisa membantah nasehat anda ia mulai keras kepala dan tidak mau mendengar apa yang anda katakana ditambah  lagi,sambil membantah,ia marah-marah kepada anda atau orang lain disekitarnya.

Faktor penyebab sifat keras kepala pada anak
Perilaku argumentative ini dilakukan anak karena beberapa alasan sebagai berikut.
1.                  Mencari alasan. Ini mungkin terjadi ketika ia saling membantah dengan kakak atau adiknya .ketika salah satunya ada yang berteriak atau menangis ,ayah atau ibu datang .Masing-masing pun saling berebut perhatian orang tuanya.
2.                  Ditemani. Sikecil terus-menerus menolaka apa yang anda perintahkan.Ia tidak mau melakukanya jika ia tidaka ditemani bermain atau menonton televise.
3.                  Menunjukkan kekuasaan . Biasanya sikevil membantah perkataan anda agar anda luluh dihadapanya dan mengabulkan permintaanya.Ia akan senang dan merasa dimanja oleh anda.
4.                  Ekspresi perasaan. Ketika anak membantah,ia sedang mengekspresikan kemarahan,frustasi,ketakutan atau kesedihan .Misalnya ketika anda menyuruh anak membantu membersihkan meja makan.Lalu ia menjawab,” Tidak akan!”. Mendengar jawaban itu kadang membuat anda kesal.Tetapi,daripada marah,anda lebih baik mengajarinya cara mengungkapkan perasaanya dengan lebih baik.


Ada sisi positif yang juga didapat,apa saja itu.Silakan simak diabwah ini
            Anak yang tersu membantah tentu membuat anda frustasi.Perilkau membantah pun dianggap negative.Tetapi,perilaku ini juga memiliki nilai positif.Dibaliknya sikap membantah dan keras kepala ,anak ingin menunjukkan ia mampu menentukan apa yang ia inginkan.Para pakar pun menyarankan agar orang tua memperhatikan pesan dibalik perilaku tersebut.Anak sedang berusaha mengkomunikasikan keinginanya.Caranya memang tidak tepat tetapi anda sebaiknya terus mendorong usahanya.Hal ini akan membantunya menghadapi masa dewasa.Selain itu ,bantahan anak umumnya merupakan bentuk negoisasi tetapi tanpa  arah yang jelas.Ia mungkin melakukanya karenan merasa tertekan secara emosi atau kebingungan karena suatu hal.Karenanya ,anda tak perlu terlalu kuatir akan adanya sikap tersebut. Sebab perilaku ini belajar membantu anak belajar negosisasi


            Itu tadi artikel dan info mengenai faktor penyebab anak keras kepala.Sesi selanjutnya kami akan membahas mengenai cara menghadapai keras kepala pada anak.
Terimakasih telah berkunjung dan membaca artikel blog ini .Semoga bermanfaat


#Bantu Bagikan Artikel Kami Dong :)

0 komentar:

Post a Comment