Top Ad 728x90

, , ,

Bijak Menyikapi Nilai Rapor Anak,Ajarkan Ia untuk lebih giat belajar !




Kepozen.com - Bijak Menyikapi Nilai Rapor Anak. Catatan belajar anak direkam dalam sebuah buku yang disebut rapor.Dari buku ini,Anda bias mengetahui perkembangan prestasi belajarnya,naik atau turun.Bagaimana sebaiknya cara orang tua menyikapinya?

Setiap orang tua biasanya megharapkan anaknya mendapatkan ranking ( sepuluh besar ) didalam kelas yang identik dengan prestasi bagus.Itulah sebabnya,hal pertama yang dilihat orang tua ketika menerima rapor adalah angka pada kolom ranking.naik turunya angka atau huruf yang menunjukkan perkembangan belajar anak justru dilewatkan.Rasa bangga dan bahagia meyeruak apabila prestasi bagus.Sebaliknya,jika hasilnya buruk hanya rasa sedih dan malu pun menyelinap.

Pelukan,pujian,bahkan hadiah mengikuti rutinitas penerimaan rapor jika prestasi akademis anak bagus.Sedangkan anak prestasinya menurun hanya mendapatkan omelan atau hukuman.Rasanya cara sepertu ini tidak bijak sebab efeknya justru tidak baik untuk anak.Lalu bagaimana menyikapi rapor anak secara bijak?

Caranya adalah :
1.   Tunjukkan empati. Jangan sekadar melihat hasil belajar anak dalam angka atau huruf.Tunjukkan empati dengan mengahargai usaha yang telah dilakukanya.Berikan motivasi bahwa ia bias mendapatkan hasil lebih baik diperiode berikutnya.Hal ini membuat anak tidak terlalu terpuruk dalam kegagalan,dan memiliki semangat untuk berusaha lebih giat.
2.      Tekankan bahwa nilai rapor hanya untuk anak. Berikan penjelasan kepada anak,prestasi yang dicapai ,baik atau buruk,semata-mata untuk dirinya.Ia yang menerima dan merasakan manfaat atau kerugiaan.
3.      Cari tahu penyebab kegagalan. Evaluasi proses belajar anak untuk mengetahui penyebabnya. Anda juga bias menanyakan kepada guru ketika menerima rapor sehingga orang tua bias menentukan langkah perbaikan.Jelaskan kepada anak agar ia mengetahui kesalahanya dan berusaha memperbaiki.Kalau perlu,mintalah bantuan ahli.
4.      Diskusikan rapor dengan guru. Tanyakanlah kepada guru tentang kondisi anak disekolah berkaitan dengan prestasinya,naik atau turun.Agar tidak membuat penafsiran salah,tanyakan pada guru mengenai isi dan istilah dalam rapor.

Hindari juga hal-hal berikut ini :
1.      Membanggakan terlalu berlebihan. Kebanggaan Anda terhadap prestasi anak cukup ditunjukkan dengan selalu memberinya motivasi agar ia dapat berprestasi lebih baik lagi.Bahkan penjelasan pada anak bahwa apa yang telah dicapainya menunjukkan ia memiliki potensi dan disiplin diri.
2.      Membandingkan dengan rapor lain – kakak/adik atau teman. Setiap anak memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.Perbandingan bias membuat anak tidak percaya diri.Apabila kerja kerasnya tidak membuahkan hasil memuaskan sesuai harapan Anda ia akan sangat kecewa.
3.      Memberikan hukuman.Hal ini membawa dampak negative untuk anak.Dari pada member hukuman lebih baik Anda menyadarkan anak bahwa ia memilki potensi.
4.      Memaksakan peningkatan nilai rapor.Segala upaya anda lakukan agar anak mendapatkan nilai bagus,seperti belajar terus-menerus,bermacam-macam les.Hal ini membuat anak bosan dan tidak semangat untuk belajar.Bukanya membaik,bahkan hasilnya justru akan semakin buruk.

Itulah tadi ulasan mengenai artikel yang berjudul Bijak menyikapi nilai rapor anak.Baik atau buruknya nilai rapor anak tentu saja harus kita sikapi secara bijak.Ketika nilai rapor anak sudah baik tentu kita harus senantiasa meningkatkan motivasi anak tersebut agar terus rajin belajar dan menambah semangatnya untuk menjadi lebih baik lagi,jikalau memang belum begitu baik hasilnya,kita tak  perlu marah-marah dengan si Anak,beri penjelasan yang baik,kasih dia motivasi lebih untuk meningkatkan belajarnya agar nilainya menjadi baik di semester depan.

Demikian penjelasan lengkap mengenai Bijak menyikapi nilai rapor anak.Terimakasih telah berkunjung dan membaca.Semoga bermanfaat bagi kita semua khususnya bagi orang tua.



#Bantu Bagikan Artikel Kami Dong :)

0 komentar:

Post a Comment