Top Ad 728x90

, , , ,

CARA MENGHILANGKAN KEBIASAAN MENGHISAP JEMPOL SIKECIL

Kepozen.com – Setelah sebelumnya admin membahas mengenai alasan kenapa sikecil melakukan kebiasaan mengisap jempol setelah merengek,kali ini kami akan membahas cara menghilangkan kebiasaan menghisap jempol tersebut.Para ahli gigi anak berpendapat usia 5 tahun merupakan usia ideal untuk membantu si kecil menghilangkan kebiasaan menghisap jempol.Menurut Rosemane A Van Norman,seorang orofacial mycologist ( pakar fungus mulut dan otot ).Anak usia 5 tahun sudah mengetahui konsekuensi kebiasaan buruk tersebut dan memiliki kemampuan mengendalikan diri.Pada usia itu,gigi susu anak juga mulai tanggal dan gigi tetao mulai muncul.Anda dapat membantu menghilangkan kebiasaan itu dengan cara-cara yang akan disampaikan dibawah berikut ini. Langsung saja tak perlu berlama-lama lagi fokus pada langkah-langkah dibawah ini.Semoga dapat membantu para orang tua yang kesulitan menghilangkan kebiasaan sikecil tersebut.



CARA MENGHILANGKAN KEBIASAAN MENGHISAP JEMPOL SIKECIL

1.       Tidak kuatir berlebuhan
Meskipun anda kuatir kebiasaan mengisap jempol ini akan mengganggu pertumbuhan giginya,kebiasaan ini masih  tergolong aman hingga usia 3-4 tahun.Yang harus diingat ,tidak semua kebiasaan menghisap jempol ini akan merusak gigi.Para ahli mengatakan bahwa hal ini tergantung frekuensi anak menghisap jempol,dan dorongan lidah yang bisa mengubah susunan gigi.Jika kebiasaan ini semakin sering dilakukan,maka anda harus menahan keinginanya untuk menghisap jempol.

2.      Hindari memberikan hukuman
Menghukum anak karena kebiasaanya menghisap jempol tidak akan membantu.Bukan tidak mungkin ia sendiri tidak menyadari kebiasaanya tersebut.Teknik membalut jempolnya dengan plester justru menjadi hukuman yang tidak adil.Sebab,anak umumnya melakukanya karena alasan kenyamanan.

Hindari memaksa anak menghentikan kebiasaan ini terlalu dini.Apabila anda meminta sikecil untuk berhenti menghisap jempolnya ,ia justru akan semakin ingin melakukanya .Anak akan berhenti melakukan kegiatan tersebut setelah menemukan kegiatan lain yang lebih menarik yang membuat dirinya nyaman dan tenang. Ketika anak anda menghisap jempolnya karena lapar,saat beranjak besar ia akan mencari makanan dikulkas atau meminta makanan kecil pada anda.

3.      Memberikan umpan atau mengalihkan perhatian
Perhatikan waktu dan tempat dimana anak biasa menunjukkan perilaku menghisap jempol.Misalnya ketika menonton televise.Apabila anda dapat memperkirakanya,berikan sesuatu untuk mengalihkan kebiasaan menghisap jempol.Anda dapat memberikan boneka atau bola untuk dimainkan atau dipeluk.Ketika anak menghisap jempol karena sedih atau kesal,Anda dapat memotivasinya untuk mengungkapkan penyebab kesedihanya.

Kemampuan anda untuk mengalihkan perhatian anak ketika menunjukkan kebiasaan menghisap jempol merupakan kuncinya.Carilah aktivitas yang membuat tangan si kecil sibuk seperti memberikan cemilan sehat atau botol minuman yang diberi sedotan.

Waspadai juga hal-hal berikut ini :
1.      Anak masih menghisap jempolnya hingga 4 tahun
2.      Anak sangat senang menghisap jempol sepanjang hari
3.      Anak lebih sering menghisap jempol sepanjang malam daripada hanya ketika ia hendak tidur.
4.      Terlihat penumpangan sususan gigi,posisi mulut atau bibir.
5.      Anak kesulitan berbicara.

            Itu dia artikel yang kami bagikan mengenai cara menghilangkan kebiasaan menghisap jempol pada anak.Terimakasih telah berkunjung pada blog kepozen.com,semoga bermanfaat bagi kita semua.


Baca juga artikel mengenai :

#Bantu Bagikan Artikel Kami Dong :)

0 komentar:

Post a Comment