Top Ad 728x90

, ,

Cara meningkatkan konsentrasi pada Anak


http://www.kepozen.com/2017/03/cara-meningkatkan-konsentrasi-pada-anak.html

Kepozen.com – Halo berjumpa kembali bersama blog yang sederhana kepozen.com ini.Kali ini admin akan membahas mengenai Pentingnya Cara mengingkatkan konsentrasi pada Anak.Tak usah berlama-lama langsung saja simak pembahasan dibawah ini.

Konsentrasi sangat penting karena merupakan kunci sukses belajar.Anak sekolah harus mampu mengerjakan ujian meskipun ada keributan.Ia juga harus bias memuaskan perhatian pada pekerjaan tumah ketika ada kakak atau adiknya yang bermain di luar.
Tak mudah membuat anak duduk dan berkonsentrasi untuk jangka waktu yang cukup lama.Karena sudah menjadi sifat anak untuk selalu bergerak dan beraktifitas.Itulah sebabnya kemampuan memusatkan perhatian pada anak-anak lebih pendek dibandingkan orang dewasa.Esther Andrew,psikolog ansal Amerika ini mengemukakan pendapatnya tentang hal ini ,Menurutnya kemampuan berpikir anak yang sangat cepat dan kebutuhan untuk selalu belajar hal-hal baru yang menyebabkan ia sulit berkonsentrasi.Ketika anak merasa sudah mempelajari semua hal dari satu aktivitas ,maka ia akan berpindah ke aktivitas yang lainya,untuk mendapatkan pengetahuan baru.

Ketidakmampuan anak untuk berkonsentrasi bias jadi disebabkan adanya gangguan.Menurut Dr.Richard C. Woolfson,spesialis anak asal Inggris ini juga mengungkapkan pendapatnya bahwa gangguan konsentrasi cenderung meningkat pada anak-anak usia 5 tahun.Kondisi ini tentunya akan mengganggu proses belajarnya.Dan bukan tak mungkin,hal ini akan mempengaruhi anak saat berinteraksi dengan keluarga bahkan lingkungan sekitarnya.Apabila sikecil mengalami kesulitan memusatkan perhatian ,kiat-kiat berikut ini dapat kita coba untuk membantu anak meningkatkan konsentrasinya dalam kegiatanya.

1.      Bersikap simpatik. Saat anak tidak bias berkonsentrasi mungkin karena ia bingung,frustasi, dan terganggu.Jangan memarahinya jika ini terjadi.
2.      Perhatikan lingkungan sekitar. Suara televisi,radio, atau teriakan orang lain sering mengalihkan perhatian anak sehingga konsentrasinya terganggu,.Atau suasana ruang belajar berantakan sehingga ia tidak nyaman dalam belajarnya.Kurangi volume sumber bunyi dan mintalah orang-orang di dekat anak anada untuk berbicara lebih pelan.Agar lingkungan belajar lebih menyenangkan,atur meja belajarnya agar rapi.Simpan semua barang-barang di tempat semula.
3.      Duduk dekat anak. Anak senang berada didekat orang tuanya ketika bermain.Nah,hal ini bias jadi berlaku ketika ia sedang belajar.Kehadiran orang tua tentu saja membuat suasana aman,nyaman dan santai.
4.      Tetepkan target. Kegagalan beruntun akibat anak tidak mampu berkonsentrasi membuat semangat hilang sehingga anak menjadi terpuruk.Untuk mencegahnya,Anda harus menetapkan target konsentrasi.Jangan terlalu muluk,tetapi sesuaikan dengan kondisi anak anda.Anda bias mendiskusikan denganya jika memungkinkan.
5.      Tingkatkan target secara bertahap. Jika sebuah target berhasil dilampaui,naikkan target berikutnya.Tambahkan waktu konsentrasi selama beberapa menit,beritahukan kepada anak bahwa target yang ingin dicapai dan ketika ia berhasil mencapainya.Dari prestasinya ini,Anda bias menentukan target berikutnya tanpa anda sadari ,anak pun bias berkonsentrasi lebih lama dari target yang telah ditetapkan sebelumnya.Karenanya,cobalah amati ketika anak sedang berkonsentrasi.Perhatikan factor pendukung dan pengganggu konsentrasinya.
6.      Adakan selingan diantara waktu konsentrasi. Bagi waktu belajar dalam beberaoa periode konsentrasi,biarkan anak melakukan kegiatan selingan yang disukainya.Waktu selingan ini membantu anak untuk mengisi kemampuan konsentrasinya.Jika waktu istirahat selesai,ingatkan anak untuk belajar kembali.
7.      Beri kelonggaran. Jangan terlalu mengkondisikan anak untuk selalu berkonsentrasi.Beri ia sedikit keleluasaan,agar tidak merasa dikendalian.Misalnya ia sendiri yang menetapkan target.hal ini bias lebih memotivasi anak untuk mencapai target yang telah ia tentukan sendiri.

Permainan konsentrasi.

Ada beberapa latihan atau permainan yang bias Anda mainkan bersamanya untuk meningkatkan konsentrasi.

1.      Mintalah anak untuk menutup mata dan membayangkan sebuah benda ,Lalu minta ia untuk menggambarkanya disebuah kertas secara perlahan,mata tetap tertutup.Coba lakukan kegiatan ini berulang-ulang.Semakin pelan ia menggambar,maka akan semakin baik.Tanpa konsentrasi yang baik,tidak mungkin permainan ini akan diselesaikan.Proses yang semakin lambat menunjukkan intensitas konsentrasinya yang semakin baik.Lakukan permainan ini bersama saudara atau teman-teman anak
2.      Pegang kearah luar. Angkat tangan hingga siku-siku dengan badan.Posisikan telapak tangan menghadap kedepan.Sambil menutup mata,minta anak untuk mulai merasakan panas ditelapak tanganya.Pusatkan pada hal ini selama beberapa menit.Jika mulai tidak nyaman,hentikan dan goyangkan tanganya.
3.      Membaca dibeberapa kondisi yang berbeda.Misalnya ketika sedang berada diperpustakaan,direstoran atau taman.Jika anak belum bisa membacanya,baacakan sebuah buku untuknya.
4.      Latihan mendengarkan bunyi-bunyi alam.Misalnya ketika sedang berada ditaman,kebun binatang,atau pantai.Lakukan hal ini selama mungkin,lalu tingkatkan sedikit demi sedikit.
5.      Permainan jari. Minta anak menggenggam tangan dan melipat setiap jari dengan sangat pelan.Pusatkan perhatian hanya pada jari-jari.Setelah semua jari terlipat,luruskan kembali dengan sangat pelan.
6.      Permainan pernafasan. Minta anak untuk bernafas dengan sangat pelan.Pusatkan perhatianya hanya pada pernafasanya.Lalu,minta ia untuk menghembuskan nafasnya sepelan mungkin.
7.      Memandangi sebuah benda.Lakukan kompetisi saat melakukanya.Siapa yang bias memandangi benda yang berada di pusat ruangan,misalnya paling lama adalah pemenangnya.

Nah,mungkin itu dia beberapa tips cara meningkatkan konsentrasi pada anak,dan apa saja permainan yang dapat digunakan untuk mengasah konsentrasi tersebut.
Semoga bermanfaat untuk kita semua,khususnya untuk orang tua si Anak.Terimakasih telah berkunjung dan membaca artikel dari kepozen.com.

Share jika diperlukan untuk sesama.

Baca artikel terkait tentang :

#Bantu Bagikan Artikel Kami Dong :)

0 komentar:

Post a Comment