Top Ad 728x90

, ,

Pilih-Pilih sekolah terbaik bagi anak




Kepozen.com - Pilih-Pilih sekolah terbaik bagi anak. Salah satu factor kebahagiaan orang tua ketika seorang anak mulai masuk masa ke sekolah yakni masuk ke sekolah favorit atau idaman dari orang tua.Karena apa? Sekolah terbaik bias menjadi wadah bagi si Anak untuk mengembangkan potensi luar biasa yang ada dalam dirinya.Selain hal itu,memilih sekolah terbaik dapat juga semakin meningkatkan rasa percaya diri dari anak tersebut.Bahwa ia akan belajar dengan sangat sungguh-sungguh ,secara efektif dan diperlakukan secara  adil.Kehati-hatiaan dan kecermatan Anda sebagai orang tua dalam memilih sekolah anak sangat penting agar ia bias mencapai semua yang bias dilakukanya.

Sadar atau tidak ,orang tua sering memaksakan kehendak dengan menentukan sekolah untuk anak.Anda tidak menwarkan terlebih dahulu kepada anak.Padahal ia yang menjalanni sehari-harinya.Jangan hanya karena gengsi atau ingin bergabung bersama sesama anak teman,Anda menghilangkan hak anak untuk ikut memilih Agar ia lebih nyaman belajar tentunya aspek kemampuan ,kebutuhan dan disesuaikan dengan bakat dari anak juga tidak boleh dikesampingkan.

Langkah terbaik dalam memilih sekolah terbaik bagi anak :

1.      Tentukan criteria sekolah yang ingin dituju.Pertimbangkan apa yang bias dilakukan sekolah untuk anak.Apakah sekolah memiliki disiplin tinggi memiliki metode belajar moderat atau konvensional.
2.      Kumpulan informasi tentang sekolah sebanyak mungkin.Anda bias memperoleh informasi tertulis dari brosur,majalah,Koran.Temukan informasi sebanyak-banyaknya tentang sekolah tersebut.
3.      Buat daftar (checklist) sekolah yang paling mendekati criteria yang diinginkan.
4.      Lakukan observasi langsung.Kunjungi sekolah yang ingin dituju,jangan hanya mengandalkan informasi tertulis yang anda kumpulkan.Jika memungkinkan minta penjelasan kepada kepala sekolah atau bagian humas agar mendapat informasi yang lengkap.
5.      Daftarkan anak anda.Ketika,menurut anda ,sekolah terbaik untuk anak sudah dipilih,saatnya  melakukan pendaftaran dan memasukkan anak ke sekolah tujuan,Pertimbangkan untuk mendaftar di beberapa sekolah sebagai alternatif jika anak tidak terima disekolah pilihan pertama

Jangan lupa juga,ini dia hal yang perlu dipertimbangkan :

1.      Lokasi. Apakah jarak dekat atau jauh dari rumah.Sebaiknya jarak sekolah tidak terlalu jauh dari lokasi tempat tinggal.Pertimbanganya agar anak tidak kelelahan dalam menjalankan aktivitas seolah.
2.      Transportasi. Bagaimana cara anak mencapai kesekolah itu?Apakah menggunakan fasilitas antar jemput dari sekolah atau rumah ,angkutan umum atau jalan kaki.
3.      Tenaga pengajar.Apakah guru-guru nya memiliki kualitas baik?bagaimana kemampuan mereka untuk berinteraksi dan berkomunikasi dengan anak-anak atau dengan sesame pengajar.
4.      Biaya sekolah. Biaya sekolah hendaknya sesuai dengan anggaran Anda sehingga tidak terlalu membebani kebutuhan rumah tangga.
5.      Metode belajar. Saat ini,banyak lembaga pendidikan yang menawarkan beragam metode belajar serta kurikulum.Ada yang berkonsep  agama,mengadopsi kurikulum luar negeri,atau memiliki konsep alam,belajar diruang terbuka.
6.      Fasilitas sekolah. Perhatikan apakah sekolah menyediakan fasilitas yang memadai.Kondisi gedung sekolah serta fasilitas fisik lain perlu dipertimbangkan.hal ini berkaitan dengan keamanan anak selama berada dilingkungan sekolah.
7.      Peluang untuk sosialisaasi.Hal ini patut dipertimbangkan terutama jika Anda memilih sekolah khusus anak laki-laki atau perempuan,homeschooling atau sekolah yang lokasinya jauh dari tempat tinggal.
8.      Tekanan akademis atau social. Pertimbangkan apa yang kira-kira akan dihadapi anak di sekolah.Apakah ia mampu mengatasinya ?

Demikian Langkah terbaik untuk memilih sekolah terbaik bagi si Anak dan hal-hal apa saja yang dipertimbangkan dalam kaitanya memilih sekolah anak.
Sekian dari kepozen.com,semoga bermanfaat bagi kita semua khususnya bagi orang tua yang menginginkan anaknya berada di pilihan sekolah terbaik.
Terimakasih telah berkunjung dan membaca artikel-artikel di kepozen.com.



#Bantu Bagikan Artikel Kami Dong :)

0 komentar:

Post a Comment