Top Ad 728x90

10 Fakta Oxford University sebagai salah satu Universitas Terbaik




Oxford University atau dalam bahasa Indonesianya disebut dengan universitas Oxford, merupakan perguruan tinggi berbahasa Inggris yang tertua di dunia. Letak universitas ini adalah di kota Oxford, Britania Raya atau Inggris. Sejak abad ke -11, kabarnya perguruan tinggi ini sudah didirikan. Namun sayang, karena kelemahan sejarah dan dokumentasi, hingga kini belum diketahui kapan tepatnya perguruan tinggi bergengsi ini berdiri.

Bersama pesaing terberatnya yang juga berada dalam negara yang sama yaitu University of Cambridge, Universitas Oxford terus mengedepankan prestasi dan kualitasnya dalam dunia akademis. Universitas Oxford pun telah melahirkan banyak sekali orang sukses di berbagai belahan dunia, termasuk diantaranya adalah penerima Nobel yang berjumlah 58 orang. Jumlah yang cukup banyak untuk ukuran penerima hadiah Nobel.

Dibalik kesuksesannya, Universitas Oxford yang memiliki banyak sejarah serta prestasi ini tentu menyimpan banyak sekali cerita unik nan menarik di dalamnya. Kali ini, berkuliah.com akan mengajak kalian untuk menelusuri fakta – fakta menarik dari Universitas Oxford. Yuk, kita simak bersama –sama!



1. Dulunya, Universitas Oxford adalah satu – satunya perguruan tinggi berbahasa Inggris. Namun pada suatu hari, terjadi sebuah kerusuhan antara mahasiswa dengan penduduk kota pada tahun 1209. Kerusuhan ini menyebabkan terpecahnya mahasiswa menjadi dua kubu. Satu kubu tetap bertahan di kota Oxford, satu kubu lagi mengungsi ke kota Cambridge untuk mengamankan diri. Mahasiswa yang mengamankan diri di Cambridge ini pun akhirnya mendirikan ruang belajar sendiri, yang seiring waktu kian berkembang menjadi sebuah universitas besar yaitu Universitas Cambridge.

2. Universitas Oxford memiliki perpustakaan terbesar di Britania Raya dengan koleksi buku yang mencapai 11 juta eksemplar.

3. Bangunan Universitas Oxford sangat unik, megah, klasik dan berkelas. Bangunan bergaya Victoria ini mampu menarik jutaan mata yang menjadikannya ingin berwisata ataupun berfoto – foto di area kampus Oxford.

4. Universitas Oxford seringkali menjadi salah satu tujuan wisata bagi pada wisatawan dari luar Inggris. Hal ini dikarenakan bentuk bangunan dan eksistensi kampus Oxford yang menjadi daya tarik bagi para wisatawan.

5. Universitas Oxford adalah universitas yang digunakan sebagai lokasi syuting dari film terkenal Harry Potter. Masa ke masa, waktu ke waktu, dari semua edisi film Harry Potter, menggunakan lokasi universitas ini untuk pengambilan gambarnya.

6. Universitas Oxford memiliki beberapa museum yang memamerkan benda – benda langka, unik dan bersejarah. Museum ini dibawahi oleh lembaga kampus ataupun fakultas yang berkaitan dengan museum tersebut.

7. Universitas Oxford mengedepankan dunia riset dan kerja sama dengan perusahaan internasional. Hal ini menyebabkan lulusan – lulusannya diminati oleh para pelaku bisnis internasional.

8. Biaya kuliah di Universitas Oxford berbeda – beda. Berbeda program studi, tentu berbeda biayanya. Berbeda asal negara, tentu berbeda biaya pula. Begitu juga dengan ruangan kelas yang dipilih, tentu berbeda biaya dalam pembayarannya.

9. Mahasiswa yang berasal dari Inggris dan Eropa mendapatkan kesempatan untuk membayar biaya kuliah yang lebih murah di Universitas Oxford dibandingkan dengan mahasiswa internasional lainnya. Termasuk Indonesia. Untuk mahasiswa internasional, kisaran biayanya dalam setahun pertama adalah £8.000 – £30.000.

10. Universitas Oxford memiliki empat divisi keilmuan yang dapat menjadi dasar bagi lulusannya untuk membangun dunia menjadi lebih baik. Empat divisi tersebut antara lain divisi humaniora (seni, budaya dan bahasa termasuk di dalamnya), divisi matematika, fisika dan ilmu hitung, divisi ilmu kedokteran serta divisi ilmu sosial.

Sumber : berkuliah.com
Baca juga : http://www.kepozen.com/2016/02/mata-kuliah-terunik-di-universitas-dunia.html

#Bantu Bagikan Artikel Kami Dong :)

0 komentar:

Post a Comment