Top Ad 728x90

,

Anak juga butuh musik untuk belajar




Kepozen.com - Anak juga butuh musik untuk belajar.Halo kembali lagi nih bersama admin blog kepozen.com,pada kesempatan kali ini admin ingin mengupas tuntas mengenai artikel yang berjudul Anak juga butuh musik untuk belajar.Kecerdasan musical tak sekadar berkaitan dengan musik,tetapi memiliki makna yang lebih luas.Ada ritme dan irama seperti yang terdapat pada puisi.Hal ini yang akan membantu sikecil lebih mudah belajar.


Anak-anak yang memiliki kecerdasan musical menojol mudah mengenali dan mengingat nada-nada.Ia juga dapat menciptakan berbagai permainan music.Mereka pintar melantunkan irama lagu dengan baik dan benar.Mereka  pandau memainkan kosakata musical dan peka terhadap ketukan,ritme,melodi atau warna suara dalam sebuah komposisi music.Irama,nada dan pola musical selalu terdengar di kepala seorang anak yang music smart.
Musik merupakan alat belajar yang sangat baik.Hal ini didukung oleh hasil-hasil penelitian mengenaipengaruh music terhadap kecerdasan anak.Karenanya,anak memiliki kecerdasan musical diharapkan dapat mengembangkan kecerdasan lainya.Selain itu,seni musikpun penting untuk disinergikan didalam kehidupan kita.
Bakat music juga bisa dideteksi paling awal dibandingkan bakat-bakat lainya yang dimilikioleh seorang individu.Gardner mengutip sebuah penelitian yang menunjukkan bayi berusia 2 bulanmampu menyenandungkan tinggi nada,kerasa,ringan,dan kontur melodi nyanyian ibunya.Selanjutnya pad usia 4 tahun,balita mampu menyelaraskan struktur yang ritmis.Seiring dengan pertambahn usia,cirri-ciri kecerdasan music seorang anakpun semakin jelas.

Ciri-ciri music smart
a. Senang mendengarkan lagu-lagu
b. Peka terhadap suara,nada,irama,dan getaran
c. Menikmati permainan musik.
d. Senang memainkan instrumen musik
e. Senang bersenandung atau bernyanyi
f. Terlihat gembira ketika mendengarkan musik
g. Mampu mengingat syair dengan baik
h. Senangmemukul mainan,perabot rumah tangga,peralatan dapur atau benda lain untuk menghasilkan irama ketika masih bayi.
i. Mudah menangkap dan mengikuti lagu atau irama yang cukup kompleks saat usia sekolah.

Bentuk stimulasi
a. Menonton pertunjukkan musik
b. Minta anak mengapresiasikan musik ketika sedang menikmati musik
c. Mengikuti kursus musik untuk belajar memainkan instrumen musik yang disukai anak
d. Bergabung dengan paduan suara
e. Pendengarkan musik ketika belajar,bersiap-siap ke sekolah atau makan.
f. Tantang anak untuk membuat satu komposisi sederhana melalui midi.
g. Memaikan permainan kata-kata yang berirama.
h. Ajak anak mendengarkan melodi alami seperti langkah kaki,kicauan burung atau suara benda disekitarnya seperti mesin cuci.

Nah demikian ulasan dari artikel dari  Anak juga butuh musik untuk belajar.Semoga dapat membantu bapak ibu untuk membuat anak menjadi lebih semangat lagi belajar dengan salah satu caranya adalah mendengarkan dan mengapresiasi musik.Semoga penjelasan dan kiat-kiat diatan dapat bermanfaat bagi kita semua.Terimakasih telah berkunjung dan membaca di blog kepozen.com.Mohon bantu share artikel ini ya…hehehe

Baca juga nih artikel terkait dibawah ini :

#Bantu Bagikan Artikel Kami Dong :)

0 komentar:

Post a Comment