Top Ad 728x90

, ,

Bermain itu juga penting,lho !


Bermain itu juga penting,lho !

Kepozen.com - Bermain itu juga penting,lho !. Hai hai kembali lagi nih bersama saya admin blog kepozen.com yang  pada kesempatan kali ini akan membahas tentang pentingnya aktivitas bermain bagi buah hati.Nah langsung saja nih tak usa lama-lama simak saja artikel dibawah ini yang mungkin bisa menjadi bahan referensi kita bersama untuk mendidik dan mengembangkan potensi yang dimiliki oleh sang anak salah satunya dengan mengajarkan pentingnya aktivitas bermain bagi anak.


Tak ada anak yang tidak suka bermain.Bahkan orang dewasa pun menyenangi kegiatan ini.Namun bagi sikecil,bermain tak sekadar bersenang-senang.Bermain merupakan cara yang menyenangkan untuk belajar serta beradaptasi dengan dunia baru.
Cobalah Anda memperhatikan aktivitas anak-anak sekarang.Dibandingkan dengan anak-anak pada beberapa tahun yang lalu.Anak-anak masa sekarang lebih banyak menghabiskan waktunya untuk belajar daripada bermain.Demi mengejar prestasi akademis,orang tua menjejali anak-anaknya dengan berbagai kegiatan belajar yang tentunya sangat memeras otak.Akibatnya,anak tak memiliki waktu untuk mengembangkan hobi atau bakatnya.Bahkan ada anak usia 6 bulan yang sudah mulai bersekolah.Tak sedikit sekolah untuk usia prasekolah justru lebih banyak menekankan pad kurikulum akademis bukan lagi sekadar untuk bermain.Bermain sangat penting bagi anak.Sebab dunia bermain adalah dunia anak.

Manfaat bermain bagi anak
Melalui bermain ,anak-anak membangun jembatan menuju cara belajar yang lebih formal.Mayke Tedja Saputra ,MPsi, psikolog anak dan terapis bermain dari fakultas Psikologi Universitas Indonesia Jakarta,mengatakan bahwa bermain dapat mendorong semua aspek perkembangan diantaranya :

a. Fisik dan Motorik. Selain mengembangkan otot dan melatih seluruh bagian tubuh ank ,bermain mengasah keterampilan motorik kasar dan motorik halus si kecil  ( menggunakan tangan dan jari ) semakin berkembang ketika si kecil memainkan sebuah objek.Begitu pula dengan motorik kasar.Keterampilan ini semakin terasah ketika ia belajar meraih,merangkak,berjalan,berlari,melompat,melempar,menangkap,serta menjaga keseimbangan.

b. Keterampilan sosial dan Bahasa. Bermain memungkinkan anak berinteraksi dengan anak-anak lain.Ia belajar mengikuti petunjuk ,kerjasama,bergiliran,mematuhi aturan,dan berbagi.Konflik dan masalah yang  muncul selama bermain akan mengasah kemampuan anak untuk memecahkan dan memperagakan sebab akibat.Pengembangan bahasa pun berlangsung selama proses bermain.Ia belajar mengeluarkan pendapat dan memahami permbicaraan orang lain.

c. Kreativitas dan Imajinasi. Melalui bermain ,anak mendapatkan stimuli.Ia memiliki peluang untuk memperkaya waawasan terhadap hal-hal baru tentang dunianya.Ketika ia bermain pura-pura,ia sedang menggali kemampuan berimajinasi,menemukan jati diri,dan mengembangkan ide-ide yang dimiliki.Dari kegiatan ini,ia belajar tentang kehidupan yang penuh peluang dan kemungkinan.Rasa ingin tahu anak bisa berkembang melalui kegiatan bermain bersama.

d. Perilaku.Perilaku yang disetujui /tidak atau sesuai aturan main di lingkunganya akan dipelajari melalui bermain.Dalam hal ini,ia belajar tentang nilai-nilai atau nama-nama yang berlaku di lingkunganya.

e. Keterampilan emosi. Bermain membantu anak menyalurkan energi yang berlebihan.Jika dipendam terus bisa menyebabkan anak tegang,gelisah dan mudah tersinggung.Bermain mendorong anak bekerja dengan emosi senang,sedih,marah dan membantunya terkait dengan orang lain.

f. Kepribadian dan Konsep diri. Anak mengetahui kelebihan dan kekuranganya dibandingkan teman-temanya.Ini memungkinkan anak untuk mengembangkan konsep dirinya dengan lebih pasti dan nyata.

Tips membantu anak dalam bermain
a. Pastikan anak memiliki waktu luang yang cukup untuk bermain di sela-sela jadwal kesibukanya sehari-hari.
b. Biarkan anak bermain sesuai dengan keinginanya.
c. Jadilah teman bermain anak agar ia tidak sendirian.Jika Anda tidak bisa bermain bersamanya,libatkan ia dalam aktivitas Anda.
d. Jangan mencampuri atau mengambil alih permainan anak.Anda cukup memberikan bimbingan dan mengawasi anak selama bermain sehingga ia bisa belajar dan mendapatkan kepercayaan diri.
e. Dukung kreativitas permainan anak asalkan tidak merugikan dan membahayakan dirinya atau orang lain.

Demikian artikel diatas merupakan ulasan mengenai penjelasan bahwa bermain itu sangat penting bagi pertumbuhan fisik dan psikis bagi anak,dengan bermain anak dapat berinteraksi dengan objek-objek disekitarnya dan juga dengan orang lain.Semoga artikel diatas dapat memberikan manfaat bagi kita semua.Terimakasih telah berkunjung dan membaca artikel tentang bermain itu sangat penting.Bagikan artikel ini jika dirasa dapat bermanfaat bagi orang lain.


Baca juga :
Cara mengetahui kecerdasan naturalis anak
Cara melihat kecerdasan kinestetik (gerak) tubuh

#Bantu Bagikan Artikel Kami Dong :)

0 komentar:

Post a Comment