Top Ad 728x90

, ,

Cara melihat kecerdasan kinestetik (gerak) tubuh




Kepozen.com – hai hai hai,kembali lagi nih bersama mimin kepozen.com,blog sederhana yang membahas tentang kumpulan informasi terkini,terupdate yang mungkin saja dibutuhkan oleh kita.Nah,pada kesempatan ini mimin akan membahas tip mengetahui Kecerdasan Kinestetik Tubuh yang kerap disebut body smart.Gerakan yang sering kita lakukan dapat mengukur tingkat kecerdasan seseorang atau anak dengan beberapa indikator.Body Smart ini tak hanya dimiliki oleh seorang atlet olahraga.Si kecil pun memilikinya,bahkan sudah dikuasai sejak usia dini.Kecerdasan ini terkait dengan kemampuan anak untuk mandiri.


Anak dengan kecerdasan kinestetis perlu bergerak.Dengan cara ini,ia bisa belajar lebih baik.Karenanya,Ia sangay menikmati proses belajar ketika guru menggunakan alat bantu matematika,drama dan pola mengajar aktif yang lain meskipun si kecil berada diruang kelas.Kasihan si body smart jika belajar dengan guru yang lebih senang melihat anak-anak duduk tenang dan belajar hanya melalui pola visual dan auditori.

Mereka sangat terampil menggunakan tangan atau sekuruh tubuhnya dengan beragam cara,mengekspresikan diri secara fisik ,bermain sebuah permainan dan mengekspresikan diri dengan tubuhnya.Anak-anak dengan kecerdasan kinestetik tibuh diatas rata-rata senang bergerak dan menyentuh.Mereka memiliki control pada gerakan,keseimbangan,ketangkasan dan keanggunan dalam bergerak.Otot-ototnya digunakan untuk mengeksplorasi dunia.

Sayangnya,masih ada masyarakat yang menganggap kecerdasan ini kurang berarti disbanding jenis kecerdasan lain.Misalnya ,anak yang memiliki prestasi dibidang olah raga tetapi mendapat nilai matmatika rendah dianggap bermasalah.Sebalinkya ,siswa yang memiliki nilai matematika 9 dan nilai olahraganya 5 itu selalu dianggap masalah.

Ciri-ciri body smart
Body smart dikelompokkan menjadi dua,yaitu keterampilan atletik dan ketangkasan fisik.Keterampilan atletik artinya mahir melakukan aktivitas atletik dan kegiatan lain yang melibatkan gerakan fisik seluruh tubuh.Sedangkan ketangkasan fisik berarti terampil menggunakan tangan ketika bekerja dengan sebuah benda.
a. Menguasai keterampilan merangkak dan berjalan lebih cepat ketika bayi.
b. Senang aktivitas yang melibatkan tangan seperti melukis dengan jari-jari ,memainkan tanah liat atau melipat kertas.
c. Tidak bisa diam karena selalu ingin melakukan sesuatu.Bahkan ketika duduk,si kecil tetap bergerak aktif.
d. Menyukai aktivitas aktif.
e. Memiliki kemampuan khusus dibidang olahraga.
f. Tertarik dengan tarian,balet,senam atau gerakan fisik lainya.
g. Sedang berada diluar ruangan.
h. Terampil dan ekspresif menggunakan tubuhna untuk belajar,menari ,pantomime atau berakting.
i. Mampu mengendalikan gerakan tubuh voluntari.

Bentuk stimulasi.
                Pada usia 7-8 tahun kecerdasan kinestetik tubuh ini semakin menonjol.Untuk membantu sibody smart mengembangkan kecerdasanya.Anda bisa melakukan aktivitas berikut.
-          OLAHRAGA. Beragam jenis olahraga bisa dijadikan stimulus untuk Anak Anda. Tetapi sebaliknya,pilih jenis olahraga yang tidak individual seperti renang,skating atau senam.Olah raga memberikan peluang untuk membangun kedekatan keluarganya.
-          MENARI. Banyak aspek tarian yang bermanfaat untuk si body smart.Beragam gerakan dalam tari akan memperkuat hubungan tubuh-pikiran serta membangun koordinasi tubuh yang kuat.
-          Prakarya.Anak yang cerdas kinestetik tubuh senang berada dalam kegiatan yang menggunakan motorik halus.
-          MEMASAK. Aktivitas ini tak hanya untuk anak perempuan .Memasak memberikan pengetahuan baru,termasuk membaca dan sains.
-          KOMPUTER. Permainan computer biasanya membutuhkan keterampilan tangan.Sikecil dijamin akan menikmati aktivitas ini.
-          BERMAIN DRAMA. Walaupun aktivitas ini dilakukan anak usia pra sekolah,si kecil pada usia 7-8 tahun pun bisa menikmatinya.Jangan sampai imajinasi anak yang hebat hilang ketika ia memasuki usia sekolah.
-          MEMBERESKAN KAMAR. Merapikan sprei,meliput selimut,menyapu,atau mengepel lantai jelas akan melatih fisik sikecil.
-          BERSEPEDA. Aktivitas ini akan melatih keseimbangan ,koordinasi serta konsentrasi.

Nah langkah-langkah diatas merupakan kiat untuk melatih body smart pada si kecil.Penting nya body smart yang terlatih akan berpengaruh pad fisik yang sehat.Terimakasih telah berkunjung dan membaca artikel  Cara melihat kecerdasan kinestetik (gerak) tubuh.Semoga bermanfaat bagi kita semua.Share artikel ini jika berkenan.


Baca juga artikel terkait mengenai :
xxx

#Bantu Bagikan Artikel Kami Dong :)

0 komentar:

Post a Comment