Top Ad 728x90

, , ,

Cara memberi nasehat pada anak tentang “ Ma,Gurunya galak !”





Kepozen.com - Cara memberi nasehat pada anak tentang “ Ma,Gurunya galak !”.Orang tua sering sekali mendengar salah satu keluh kesah anak ketika disekolah menghadapi keluhan anak tentang “Ma,gurunya galak!” di sekolah.Tentu kita sebagai orang tua harus senantiasa member pengertian apa sih sebenarnya maksud dari guru tersebut.Apakah benar-benar bermaksud untuk marah ,ataukah sebenarnya hanya untuk memberi tau untuk kebaikan anak kedepanya.

                     Tips memperbaiki kesalahan pengucapan pada Anak

Sekolah merupakan tempat belajar yang menyenangkan sekaligus menegangkan bagi anak.Untuk mencapai keberhasilan dibidang akademik ia membutuhkan dukungan,penghargaan serta petunjuk selain dari orang tua juga dari guru.Namun ada kalanya hubungan anak dan guru tidak selamanya mulus.Lalu,apa yang seharusnya anda lakukan jika hal ini terjadi?

Situasi yang tidak menyenangkan kadang-kadang muncul ,bahkan bias memicu konflik.Hal ini bias disebabkan oleh banyak hal.Anak diamarahi gurunya karena tidak bias duduk dengan tenang atau guru menunjukkan sikap otoriter.Ketika ulangan misalnya,lembar kerja anak dicoret oleh gurunya,sementara anak menganggap jawabanya benar.Kalaupun anak mengajukan protes gurunya menganggapnya sok tahu atau tidak mau diatur .Perasaan anak yang terlalu sensitif pun bias jadi pemicunya.Hanya karena ditegur oleh gurunya merasa dimarahi.Ini yang membuat anak kurang semangat ,bahkan malas belajar disekolah.Masalah ini ,apabila dibiarkan berlarut-larut tentu akan melebar.Orang tua pun,akhirnya kut terlibat karena anak belum mampu menyelesaikan sendiri masalahnya.Untuk mencegah timbulnya kesalahpahaman ,simak langkah-langkah berikut ini yang mungkin saja bisa dicoba untuk para bapak ibu dari anak.
1.      Bijak menyikapi laporan anak mengenai kekecewaanya terhadap guru.Penting bagi Anda untuk menanyakan langsung kepada guru secara baik.Tidak dengan emosi,bersikap adil ( tidak membela anak ) dan jangan sampai menyinggung dari perasaan guru.Bila anda terlalu memojokkan guru,bisa-bisa ia tidak terima dan akibatnya akan semakin fatal.
2.      Gali informasi dari teman-teman dekat anak.Sebagai tambahan ,berbicaralah dengan orang tua yang anak-anaknya diajar oleh guru yang sama.Dari mereka,Anda akan mendapatkan gambaran tentang pribadi guru tersebut.Selain itu,mereka bisa memberikan satan mengenai cara terbaik untuk berhubungan dengan sang guru.
3.      Hindari berbicara langsung dengan kepala sekolah.Menurut Marna Biederman,pengasuh situs pendidikan ,dalam talking with teacher berbicara dengan kepala sekolah sebelum orang tua melakukan konfirmasi ,ada perasaan untuk menghukum guru.

TIPS juga untuk orang tua.
a.       Beritahukan kepada guru anak tentang cara memandang hubungan dirinya sebagai murid dengan guru.Lebih baik jika disampaikan secara tertulis.
b.      Minta waktu dan bujuk anak untuk mengikuti diskusi ini dan tuliskan hasilnya
c.       Tanyakan kepada anak dan guru untuk mengenai bentuk interkasi dan komunikasi yang sebaiknya dilakukan agar hubungan keduanya lebih baik.

Itu dia mungkin langkah-langkah yang dapat dicoba sepengalaman saya.Kurang lebihnya mohon maaf,semoga anak-anak kita dapat mengerti mengeapa guru terlihat galak pada si anak.Terimakasih telah berkunjung dan membaca artikel-artikel di kepozen.com

Share artikel ini jika bermanfaat.

Baca juga :



#Bantu Bagikan Artikel Kami Dong :)

0 komentar:

Post a Comment