Top Ad 728x90

,

Cara mengetahui kecerdasan naturalis anak






Kepozen.com - Cara mengetahui kecerdasan naturalis anak. Hallo pembaca yang budiman pembaca blog kepozen.com.Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan tulisan mengenai cara mengetahui kecerdasan naturalis pada anak.Nah apa sih sebenarnya yang dimaksud dengan kecerdasn naturalis itu?Kecerdasan naturalis adalah kecerdasan yang dimilki oleh manusia sehingga memiliki kemampuan dan keterampilan dalam mengenali,mengingat,mengelompokkan,menganalisis dan menggunakan informasi mengenai alam,tumbuhan ,mineral dan hewan.Didalamnya juga mencakup batu-batuan-rumput-rumputan serta semua jenis flora dan fauna.Ia senang berada di lingkungan alam yang terbuka seperti pantai,gunung,cagar alam,hutan dan sebagainya.Kecerdasan ini bisa dilihat dari minat dalam merawat binatang atau menemukan perbedaan antar tanaman atau hewan yang berbeda.


Anak-anak suka mengenali artifak naturalis cenderung
a. suka mengamati fenomena alam seperti proses terjadinya hujan,pelangi atau gempa.
b. Senang menikmati keindahan langit pada malam hari.
c. Senang mengobservasi alam seperti aneka macam bebatua,jenis-jenis lapisan tanah,benda-benda angkasa dan sebagainya.
d. kemampuan untuk mengenali artifak budaya seperti mobil atau benda hasil karya manusia.

Setiap orang memiliki kecerdasan naturalis tetapi terbatas- mengenali kucing,pohon,anjing .Tetapi ,beberapa orang yang memiliki kemampuan ini sejak usia dini bisa mengenali dan mengklasifikasikanya dengan lebih baik .Charles Darwin,penemu teori evolusi adalah salah satu tokoh dunia yang memiliki kecerdasan naturalis.

Dr. Howard Gardner,penemu teori kecerdasan majemuk percaya bahwa kecerdasan naturalis merupakan kemampuan yang diperlukan oleh manusia maupun hewan untuk bertahan hidup.Ia mencontohkan : manusia mengetahui hewan yang bisa diburu dan hewan yang harus dihindari agar tetap bertahan hidup.Anak yang cerdas alam cenderung memiliki profesi yang berhubungan dengan alam seperti petani,ahli tumbuh-tumbuhan,ahli bunga,dokter hewan,ahli zoologi atau arkeolog.



Otak kiri dan Otak kanan
Menurut Leslie Owen Wilson dalam “The Eight Inetelligence: Naturalis Intellegent (2000)”, kecerdasan naturalis berkaitan dengan wilayah otak kiri.Otak kiri berhubungan dfengan kepekaan terhadap pengenalan bentuk atau pola ,kepekaan terhadap sensoru persepsi,serta kemampuan dalam mengelompokkan sesuatu atau menandai berbagai perbedaan atau persamaan disekitarnya.Itulah sebabnya,perkembangan kemampuan matematis dan analitis pada anak yang cerdasa naturalis cukup tinggi.Selain otak kiri ,kecerdasan naturalis juga berkaitan dengan otak kanan.Anakyang cerdas dalam alam mengembangkan kemampuan otak kanan yang berhubungan dengan seni dan keindahan.Sebab anak yang cerdas alam cenderung senang berada dialam terbuka dan menikmati keindahanya.Atau melihat kupu-kupu atau burung-burung yang memiliki bulu aneka warna.

Peran orang tua untuk anak
Seperti kecerdasan lain,kecerdasan naturalis juga membutuhkan stimulasi.Anda tak harus menjadi ahli alam.Lingkungan sekitar Anda merupakan stimulus untuk mengembangkan kecerdasan naturalis si kecil.Stimulus ini akan memberikan gambaran alam kepada anak sesuai dengan pandangan dan pengalamanya melalui panca inderanya.

Ciri-ciri anak cerdas alam
Anak-ana yang memilki kecerdasan naturalis menonjol umunya memiliki ciri-ciri sebagai berikut :
a. Lebih menyukai kegiatan diluar ruang
b. Lebih menyukai bermain ditaman,kebun serta akrab dengan berbagai binatang peliharaan.
c. Selalu ingin tahu mengenai berbagai gejala atau fenomena alam.
d. Sangat menikmati rekreasi yang berhubungan dengan alam seperti berkemah,hiking,mancing dan jalan-jalan dipantai.
e. Menyukai benda-benda yang berkaitan dengan alam untuk dikoleksi.

Bentuk-bentuk stimulasi yang dapat dilakukan oleh orang tua adalah
a. Ajak anak untuk mengamati aktivitas alam sekitarnya secara detil.
b. Persiapkan berbagai referensi seperti ensiklopedia ,video tentang alam,kamus atau buku-buku.Anak usia sekolah biasanya mulai kritis.
c. AJak anak keberbagai tempat yang berkaitan dengan alam seperti pantai ,pegunungan ,kebun binatang ,planetarium atau perkebunan.
d. Putar video yang berkaitan dengan alam.
e. Ajak anak bernyanyi lagu bertema alam seperti menanam jaung,pelangi matau bintang kecil.

Semoga bermanfaat ulasan diatas buat kita semua.Share jika berkenan.

Baca juga artikel lainya tentang :
Tips memberitahu kepadaanak tentang hukum sebab akibat
Cara melihat kecerdasan kinestetik (gerak) tubuh
Cara meningkatkan kecerdasan interpersonal anak

#Bantu Bagikan Artikel Kami Dong :)

0 komentar:

Post a Comment