Top Ad 728x90

,

Cara meningkatkan kecerdasan interpersonal anak


Cara meningkatkan kecerdasan interpersonal anak

Kepozen.com - Cara meningkatkan kecerdasan interpersonal anak .Hai kembali lagi nih bersama admin kepozen.com,Pada kesempatan kali ini saya akan mengulas mengenai topik kali ini yang berjudul cara meningkatkan kecerdasan interpersonal anak.Bapak Ibu pasti masih bertanya-tanya apa sih kecerdasan Interpersonal itu?Kecerdasan Interpersonal  merupakan kemampuan untuk memahami perasaan,suasana hati ,maksud,motivasi,atau cara berpikir orang lain.Dengan kecerdasan ini,anak bisa lebih mudah bersosialisasi dengan lingkungan di sekitarnya.Ia bisa menjalin kerjasama yang baik dengan orang lain atau persahabatan yang akrab dengan teman-temanya.Anak bisa memimpin ,mengorganisasi,memperoleh simpati atau menangani perselisihan anatarteman.Itulah sebabnya kecerdasan ini juga disebut kecerdasan sosial.


Anak dengan kecerdasan interpersonal tinggi memiliki interaksi yang baik dengan orang lain ,pintar menjalin hubungan sosial,dan mampu mengetahui serta mengoptimalkan kecerdasan interpersonal  dibutuhkan kemampuan berbahasa yang baik.Kecerdasan interpersonal atau yang biasa kita sebut kecerdasan sosial ini memungkinkan anak menangkap pesan non-verbal dari orang lain.Contohnya: nada bicara,gerak-gerik maupun ekspresi wajah orang orang lain.Ini yang membuat banyak orang disekitarnya merasa senang.Anak dengan kecerdasan sosial yang tinggi dan menonjol mampu belajar lebih baik melalui kerjasama ,berbagi,perbandingan atau wawancara.

Cerdas sosial sebaiknya diseimbangkan dengan kecerdasan intrapersonal.Yaitu kecerdasan dengan kemampuan mengendalikan diri dan mengatur dirinya sendiri.Menurut Daniel GOleman dalam bukunya Emotional Intellegence mengatakan kecerdasan emosi ini yang paling penting dari kecerdasan yang lain.Pendapat ini bisa jadi benar sebab banyak orang sukses bukan karena IQ-nya tinggi tetapi karena mereka mampu mengelola emosinya.

Pentingnya bahasa
Kemampuan untuk memperkirakan dan mempengaruhi emosi orang lain salah satu keterampilan penting yang bisa dimiliki oleh seseorang.Anak-anak yang sudah bersekolah membutuhkan kecerdasan interpersonal agar bisa diterima oleh teman-teman.Sehingga mereka bisa menghadapi konflik dan perselisihan antar teman.Hal ini tentunya memerlukan keterampilan berkomunikasi.
Kecerdasan interpersonal berkaitan dengan keterampilan berkomunikasi.Artinya,anak harus mampu mengkomunikasikan perasaanya kepad orang lain.Disini kemampuan berbahasa merupakan kuncinya.Sebab,anak harus bisa menyampaikan perasaanya melalui kata-kata.Kemampuan bahasa merupakan alat  yang efektif untuk mengelola emosi,termasuk perasan yang kompleks seperti cemburu,kecewa atau kangen.Kata-kata yang berkenaan denan emosi-sedih ,marah ,bahagia,bingung,cemas perlu diperkenalkan kepada anak sejak dini.Semakin dini mereka mengenal kata-kata tersebut,semakin cepat pula mereka mengasah kecerdasan emosionalnya.

Ciri-ciri anak cerdas emosional
a. Tampak mudah akrab dengan orang asing
b. Mudah berteman.
c. Mampu bekerja sama
d. Seiring diminta untuk membantu mendamaikan perselisihan antarteman baik disekolah maupun dilingkungan tempat tinggal.
e. Bersikap asertif.Artinya mengetahui apa yang harus dilakukan ketika ada orang lain yang mencoba merampas hak-haknya .
f. Mampu merasakan apa yang dirasakan oleh orang lain.
g. Menganggap dirinya seorang pemimpin atau dipanggil sebagai pemimpin oleh teman-temanya.
h. Mempunyai rasa belas kasihan atau peduli kepada orang lain,individu atau kelompok dan ingin melakukan tindakan untuk membantu mereka.

Bentuk Stimulasi
a. Kenalkan dengan orang baru.Sebab kecerdasan ini berhubungan dengan kemampuan bersosialisasi dengan orang lain.
b. Dorong anak untuk bermain kelompok.Dalam aktivitasnya ini,anak memiliki kesempatan untuk memecahkan masalah,mendorong kerjasama  dan belajar berempati.
c. Ajari anak untuk menerima telepon.
d. Beri kesempatan untuk memimpin.Misalnya menjaga adik atau mengatur permainan teman sebaya.
e. Ikut sertakan dalam berbagai perlombaan.Ini sebagai ajang sosialisasi
f. Dorong anak untuk belajar berkelompok.

Nah langkah-langkah diatas merupakan Cara meningkatkan kecerdasan interpersonal anak .Kecerdasan interpersonal ini sangat penting bagi tumbuh kembang sianak karena memiliki kegunaan untuk melakukan interaksi dan menjalin hubungan yang baik dengan orang lain secara terus-mererus.Terimakasih telah berkunjung dan membaca Cara meningkatkan kecerdasan interpersonal anak.Semoga bermanfaat bagi kita semua.Share artikel ini jika berkenan.

Baca juga artikel terkait mengenai :

#Bantu Bagikan Artikel Kami Dong :)

0 komentar:

Post a Comment