Top Ad 728x90

, ,

Masalah Ilmu Pengetahuan SAINS yang menyenangkan




Kepozen.com – Mengapa langit biru? Darimana datangnya hujan? Darimana datangnya pelangi ? Kenapa tanaman bisa berbunga ? Masih banyak lagi pertanyaan tentang keadaan alam yang diajukan kepada Anda.Si Ilmuwan cilik memang penuh rasa ingin tahu,menanyakan bagaimana sesuatu itu bisa terjadi,bagaimana ia belajar menemukan jawabanya akan hal tersebut.Jawaban yang diberikan sebaiknya membantu ia memahami bagaimana segala sesuatu yang dilihatnya tampak masuk akal.Untuk itu ,anda perlu mengamati dan belajar dengan anak.


Anak perlu dibekali dengan ilmu pengetahuan sekalipun ia tidak ingin menjadi ahli fisika,ali biologi atau teknisi komputer.Ilmu pengetahuan membantunya menghadapi perubahan lingkungan yang berlangsung sangat cepat.Dan ia membutuhkan bantuan bantuan Anda untuk mempersiapkan dirinya.

Agar anak teratrik pada ilmu pengetahuan,Anda bisa melakukan berikan informasi dasar mengenai pengetahuan alam dan contoh kegiatan untuk dilakukan anak,baik sendiri maupun dengan pengawasan Anda.Kegiatan bisa dilakukan dirumah maupun diluar rumah.

Contoh kegiatan dirumah
Dimulai dari rumah.Pengetahuan ilmiah merupakan kumpulan dari beberapa ilmu.Karenanya mulailah belajar sains sejak dini,dari rumah.Ia tidak akan mendapatkan  Ilmu pengetahuan semuanya disekolah.Dari total jam belajarnya disekolah,waktu yang digunakan untuk belajar sains sangatlah minim.Dirumah ,anak bisa belajar lebih lama.Banyak benda-benda disekitar rumah yang bisa dijadikan sarana belajar.Sains tidak membutuhkan peralatan khusus.Banyak kegiatan ilmiah yang membutuhkan biaya sangat kecil,bahkan tanpa biaya,dan peralatan sederhana-botol bekas,air sabun,soda kue,asam cuka.Cara terbaik untuk memulainya,buka percakapan dan pertanyaan terbuka.

Ini dia beberapa contoh kegiatanya yang bisa bapak ibu coba :
a.       Balon tanpa tiup
Alat dan bahan botol bekas air mineral,air,baking soda,soda kue,balon karet.Langkah percobaan : Masukkan bubuk baking soda kedalam botol yang berisi air.Lalu masukkan beberapa sendok soda kue ke dalam balon karet.Gunakan balon sebagai tiup botol.Apa yang terjadi?ketika soda kue bercampur dengan larutan baking soda,balon yang semula kempes,tiba-tiba menggelembung tanpa ditiup.Botol pun menjadi sangat dingin.

b.      Si jari ajaib
Alat dan bahan : paper clip,mangkuk,air bersih,air sabun.
Langkah percobaan : Apungkan sebuah paper clip diatas air.Lakukan dengan hati-hati.
Apa yang terjadi?paper clip ternyata mengapung.Ini terjadi karena ada lapisan tipis diatas permukaan air yang menahan paper clip sehingga tidak tenggelam.Lapisan ini disebut tegangan permukaan yang sanggup menahan benda-benda ringan.
Langkah percobaan 2 : Celupkan jari kedalam air sabun.Lalu celupkan air kedalam tempat klip kertas mengapung.Ajaib! klip kertas sekarang tenggelam.Ini disebabkan rusaknya tegangan permukaan oleh air sabun.

c.       Musik penggaris
Alat dan bahan : penggaris
Langkah percobaan : Letakkan penggaris diatas meja.Biarkan penggaris menjulur dan tepi meja kira-kira 20 meja.Getarkan ujung penggaris dengan jari.Lalu,pendekkan bagian yang menjulur menjadi 10 cm getarkan kembali keujungnya.Apa yang terjadi?Ketika penggaris digetarkan muncul suara.Namun suara yang lebih tinggi muncul ketika ujung penggaris yang menjulur lebih pendek.Ini terjadi karena getaran yang muncul saat ujung pendek lebih banyak.

Nah itu dia ulasan mengenai Masalah belajar SAINS yang sebenarnya menyenangkan.Terimakasih telah berkunjung di blog kepozen.com ini,semoga bermanfaat bagi kita semua.Share jika berkenan.

Baca pula lainya tentang :


#Bantu Bagikan Artikel Kami Dong :)

0 komentar:

Post a Comment