Top Ad 728x90

, , ,

Tips membuat anak suka matematika




Kepozen.com - Tips membuat anak suka matematika.Setelah sebelumnya saya membahas tentang bagaimana mengajari anak berhitung.


Kali ini saya akan mencoba berbagi tips membuat anak suka matematika dengan bapak ibu sekalian yang pernah saya coba lakukan pada anak saya.Memang betul,Matematika itu sulit dan rumit.Jangankan anak-anak,orang dewasa saja belum tentu menyukainya.Jika anda sependapat,ubahlah pemikiran mulai saat ini.Matematika ternyata sangat mudah.Bahkan bayi pun bisa belajar asal orang tua mengetahui cara-cara melakukanya.Orang tua dan sikecil akan menemukan kegembiraan selama proses ini.

Kebanyakan orang tua begitu bersemangat untuk mengajari anak membaca


Dari menyanyikan alfabel ,mengenalkan huruf hingga keasyikan membaca sendiri sejak dini.Tetapi,ketika harus memperkenalkan matematika,ada rasa enggan.Anda mungkin tidak mau anak itu bingung,bosan atau keduanya.Tahukah anda Para ahli justru menyarankan pengenalan matematika kepada anak sejak dini.Keterampilan ini justru sangat diperlukan ,apalagi di era teknologi seperti sekarang ini.Belajar matematika sangat penting bagi anak-anak.Adad dua alas an yang menguatkan .Pertama ,kehidupan manusia tidak pernah lepas dari matematika sejak masa kanak-kanak hingga usia lanjut.kedua,matematika berpengaruh terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak.

Seorang ahli bernama David L Haury Ph.D,pakar matematika dan sains Ohio State University mengungkapkan cara yang baik untuk mengajari matematika adalah menekankan bagaimana Anda menggunakan matematika diberbagai rutinitas harian.Matematika diajarkan setiap saat dengan memanfaatkan segala sesuatu yang ada disekitar anak dan didalam kehidupan sehari-hari ,diperjalanan ,pasar swalayan,dirumah dll.Sekalipun permainan computer matematika banyak tersedia tetapi apabila didukung fasilitas aktivitas ,hasilnya jauh lebih baik.

Salah satu caranya yakni Belajar sambil Bermain
      Jangan hanya mengatakan “ini saat belajar matematika”.lalu meminta anak duduk dan mulai belajar.Seperti halnya mengajari anak membaca,belajar matematika pun bisa dilakukan dengan cara yang menyenangkan.Beragam kegiatan bermain dapat dijadikan sebagai media belajar.Jenis permainan disesuaikan dengan usia dan tahap perkembangan anak dalam berbagai aspek.Bahkan,tak hanya mengasah kemampuan matematika,bermain meningkatkan penguasaan keterampilan lain.Misalnya saya dengan :

a. Nyanyian. Anak yang mulai sekolah sudahmemahami bahawa berhitung ada awalnya.Nah,melalui nyanyian ,berhitung lebih mudah dikenakan.Cara ini bisa anda lakukan dimana saja.Ditambah lagi,nyanyian mengajari anak menghitung mundur,keterampilan yang penting untuk pengurangan.
b.  Dengan berhitung. Anak bisa jadi tahu cara menyebut angka tetapi tidak mengetahui nilainya.Misalnya,anka 5 berarti ada 5 buah jeruk.Bantu anak menghubungkan angka dan jumlah dengan memperbanyak latihan melihat dan merasakan benda yang dihitungnya.Jeruk di kantung,buku di meja dan bola didalam kotak.
c.   Gunakan alat ukur. Tunjukkan cara menggunakan penggaris dan jadikan ia “tukang ukur” beberapa tinggi badan kamu? Beri tanda pada dinding ketika anda meminta anak berdiri.Biarkan ia mengukur sendiri tinggi badanya.Beberapa panjang meja,buku,pita?diskusikan adanya perbandingan.Mana yang lebih panjang,buku A atau buku B?

Ulasan diatas merupakan tips bagaimana mengajarkan anak suka matematika.Terimakasih telah berkunjung di blog kepozen.com kami.Share jika dirasa berkenan.

Baca juga artikel relevan lainya mengenai :

#Bantu Bagikan Artikel Kami Dong :)

0 komentar:

Post a Comment