Top Ad 728x90

, ,

Tips mudah mengajarkan anak berhitung sejak kecil,Simak Ya..


mengajari anak berhitung dengan mudah


Kepozen.com – Hai sobat kepozen.com,kembali lagi bersama admin nih,sekarang saya akan berbagi sedikit mengenai pengalamanku mengajari anak berhitung dengan mudah yang juga didukung dengan beberapa pendapat para ahli.Berhitung merupakan salah satu hal dasar yang harus diajarkan oleh orang tua sejak dini selain banyak hal lainya yang tak kalah penting.Mengapa begitu,berhitung merupakan pondasi dalam mengenal sesuatu yang berkaitan dengan angka-angka,yang semua itu dalam kehidupan pasti kita temui sehari-hari.Para orang tua tentunya harus dengan sabar karena memang,ketika masih kecil mungkin harus lebih telaten dalam member tau angka-angka dasar..hehe.

                                    Tips memperbaiki kesalahan pengucapan pada Anak

Matematika bukan hal baru bagi anak-anak.Mereka sudah mengenalnya sejak bayi ketika ia mendengar orang-orang disekitanya mengggunakan istilah matematika .Tapi ,mereka memang belum memahami konsepnya.

Seperti kemampuan membaca,kemampuan matematika anak berkembang secara bertahap.Kemampuan ini akan berkembang baik apabila Anda memberinya banyak latihan untuk membantu si kecil mengembangkan kemampuan matematikanya,pastika ia telah siap.

Ø  Nah sekarang coba liat perkembangan matematika

Perkembangan  matematika dimulai dengan kemampuan berhitung.Si kecil mmelakukanya hanya untuk bersenang-senang karena ia belum memahami nilai angka yang disebutnya (rate counting).Lalu,ia mulai mengetahui tujuan berhitung dan mulai menghitung benda secara berturut-turut.Selanjutnya ,mencoba konsep penjumlahan atau pengurangan dalam sekumpulan benda.
Secara lebih detil,simak tahapan perkembangan kemampuan matematika anak seperti diungkap oleh S.Macdonal dalam buku “The Portfolio and Its Use A Road Map for Assesment ( 1997 ) .” Ia membagi perkembangan matematika anak dalam empat tahap.Tahap 1 (2-3 tahun ),tahap 2 ( 3-4 tahun ) ,Tahap 3 ( 4-5 tahun ) dan tahap 4 ( 5-6 tahun ).Berdasarkan tahapan matematika MacDonal usia sekolah berada dalam tahap 3 dan tahap 4 .

Tahap 3 (4-5 tahun )
a.       Memainkan permainan angka dan memahaminya
b.      Menghitung benda hingga 10,kadang sampai 20.
c.       Mengidentifikasi besarnya dua angka
d.      Menjawab pertanyaan sederhana yang membutuhkan logika
e.       Menggali pola yang lebih rumit
f.       Menggunakan kata-kata yang menerangkan posisi
g.      Mengelompokkan benda berdasarkan bentuk

-  Tahap 4 ( 5-6 tahun )
a.       Mulai memahami konsep yang digambarkan dalam bentuk simbol
b.      Mampu mengkombinasikan setelan yang sederhana
c.       Mulai melakukan penjumlahan yang sederhana
d.      Menghitung benda hingga 20,bahkan lebih
e.       Mengidentifikasikan benda berdasarkan beberapa atribut

-  Nah kali ini ada tips buat bapak ibu untuk mengasah kemampuan matematika si Anak
Perkembangan kemampuan matematika anak memang berjalan pelan.Untuk itu mengasahnya perlu banyak latihan.Asalkan anda mampu menjadikan proses belajar matematika lebih menyenangkan,anak-anak akan menikmati saat-saat belajar matematika selama berada di bangku sekolah.

-  Mengenal angka
a.       Sediakan mainan angka atau poster angka.Tunjuk sebuah angka dan minta anak untuk menyebutkan angka tersebut.Jika sudah mengenal angka,Anda bisa melanjutkan dengan penjumlahan.
b.      Gunakanlah telepon untuk latihan membaca angka
c.       Minta anak untuk menghitung buah apel untuk dimasukkan kedalam kantung plastic ketika Anda sedang berbelanja.

Ø  Mengenal bentuk
a.       Sediakan lilin,lalu minta bentuk menjadi kontak ,segitiga atau lingkaran
b.      Ajak anak untuk membuat kue kering.Minta ia untuk membentuk adonan menjadi bentuk-bentuk geometri
c.       Minta anak menyebutkan bentuk benda yang dilihatnya.Misalnya diruang tamu.

Ø  Mengelompokkan benda
a.       Sediakan bola plastic kecil aneka warna.Minta anak untuk mengelompokkan berdasarkan warna dan menyebutkan warna.
b.      Minta anak untuk mengelompokkan mainan menjadi dua kelompok yaitu lembut dan kasar.
c.       Tutup mata anak.Letakkan sebuah berada ditanganya.Minta ia untuk menggambarkan benda yang ada ditanganya – bentuk,tekstur,berat atau atribut lainya.

Demikian itu merupakan beberapa langkah dalam memudahkan bapak ibu sekalian memberi contoh langsung untuk membuat anak belajar menghitung.terimakasih telah berkunjung dan membaca diblog kami kepozen.com,semoga bermanfaa.Share juga agar kita dapat berbagi info dengan yang lainya.


Baca juga artikel lainya tentang :

#Bantu Bagikan Artikel Kami Dong :)

0 komentar:

Post a Comment