Top Ad 728x90

Tips stimulasi tepat meningkatkan kecerdasan anak.




Kepozen.com – Haii,berjumpa lagi nih dengan blog kepozen.com yang membahas tentang isu-isu terkini dan terupdate.Pada kesempatan ini,admin ingin masih ingin membahas nih tentang tema keluarga yang termasuk salah satu hal penting dalam mendidik anak.Salah satunya yaitu tips menstimulasi dengan tepat untuk meningkatkan kecerdasan anak.


Setiap anak cerdas.Asalkan,ia mendapatkan stimulasi sejak dini.Tiga tahun pertama merupakan periode dimana otak mengalami perkembangan dan pertumbuhan yang sangat pesat.Sebab periode ini tidak berlangsung dua kali,Anda sebaiknya memberikan stimulus yang sesuai untuk si kecil.Keseriusan dan ketelatenan Anda mengisi kehidupan anak membantu otak anak berkembang dengan optimal.Struktur orak bayi yang baru lahir sudah lengkap tetapi belum berkembang sempurna.Sekitar tiga perempat otak berkembang setelah bayi berada dilua kandungan hingga usia 3-4 tahun.Saat dilahirkan ,bayi memiliki 100 milyar neutron dan satu trilliun sel glia yang berfungsi sebagai perekat.Bersama sinap (cabang-cabang neuron) ,sel glia akan membentuk bertrilliun-trilliun sambungan antar neuron yang jumlahnya melebihi kebutuhan.Banyaknya sambungan inilah yang akan mempengaruhi pembentukan kemampuan otak sepanjang hidupnya.
Asupan Nutrisi tidak boleh kekurangan sejak masa kehamilan hingga tiga tahun pertama.British Medical Jurnal tahun 2001 mempublikasikan pemberian nutrisi yang cukup untuk otak membuat anak tumbuh sehat dan cerdas.Kekurangan salah satu zat gizi akan mempengaruhi perkembangan system syaraf pusat dan akan mempengaruhi kemampuan kognitif di masa depan.Derajat kesehatan yang rendah akan menurunkan kemampuan otak dalam mencatat,menyerap ,menyimpan ,mmproduksi dan merekonstruksi informasi.
                Yang tak kalah penting,peran orang tua.Selain menyediakan nutrisi yang baik,perhatian dan kasih saying Anda juga sangat dibutuhkan.Berikut inin adalah langkah-langkah yang mungkin Bapak Ibu isa coba untuk mendorong perkembangan otak anak sehingga dapat tumbuh cerdas dengan optimal.
a. Berikan rangsangan berupa kehangatan dan kasih saying yang tulus.
b. Berikan pengalaan dengan menggunakan kelima indera : penglihatan,pendengaran,perasa,peraba dan penciuman.
c. Lakukan interaksi langsung melalui sentuhan ,pelukan,ciuman,nyanyian,dan senyuman
d. Dengarkan apabila anak sedang bercerita ,lalu berikan tanggapan.
e. Ajak anak Anda becakap-cakap dengan suara yang lembut.
f. Berikan rasa aman.
                Selama periode emas perkembangan otak,stimulasi sangat dibutuhkan.Sebab stimulasi merupakan cara vital agar otak dan jaringan (sinaps) anak terletak optimal.Sumber stimulasi terbanyak tentunya berasal dari Ayah.Ibu dan Saudaranya.

Hindari Stimulasi yang Berlebihan
Anak tidak bisa belajar semua hal.Ia akan lebih menikmati aktivitas yang sesuai dengan apa yang ia minati dan ketangkasanya.Anda tak perlu kuatir apabila anak tertarik pada lebih dari satu jenis aktivitas ( bentuk stimulasi).Namun terlalu banyak pun juga tidak selalu menguntungkan.Karena anak lebih rentan terkena stress,terlalu banyak stimulasi justru akan membuat anak merasa tertekan.Ia mungkin akan tetap berusaha sekalipun ia telah menerima semuastimulasi yang Anda berikan.Jika dibiarkan berlarut-larut,anak bukanya semakin tertarik tetapi minat alaminya bisa jadi akan hilang.Selain itu,kondisi ini bisa memicu perilaku agresif dan frustasi pada anak-anak karena tidak bisa memenuhi target.

Langkah-langkah yang dapat dicoba untuk mendorong kecerdasan anak.
a. Ciptakan lingkungan untuk belajar dan pastikan anak Anda tertarik.Biarkan ia yang memimpin selama kegiatan.Jka anak tampak bosan,lelah atau bingung,hentikan kegiatan.
b. Ulangi aktivitas yang ingin dilakukan kembali oleh anak.Anda mungkin bosan dengan pengulangan ,tetapi anak justru sangat menikmati.
c. Berikan motivasi.Yakinkan anak untuk tidak takut berbuat salah.Kesalahan merupakan bagian normal dari proses belajar.
d. Sediakan aneka jenis mainan dan buku.Letakkan ditemapt yang mudah dijangkau oleh anak sehingga ia bisa mengambil sendiri apabila menginginkanya.
e. Kenaikan mainanatau buku baru dalam selang waktu tertentu.Namun jangan berikan dalam jumlah banyak sebab anak akan kelebihan stimulasi.


#Bantu Bagikan Artikel Kami Dong :)

0 komentar:

Post a Comment