Top Ad 728x90

,

Cara melatih anak agar tidak menjadi pemalu 2017


Cara melatih anak agar tidak menjadi pemalu 2017

Cara melatih


Cara melatih anak agar tidak menjadi pemalu2017- Pada kesempatan kali ini kami ingin sedikit membagikan artikel tentang Cara melatih anak agar tidak menjadi pemalu 2017.Memang,sikecil terlihat selalu gembir dan percaya diri ,ramah dan banyak bicara ketika masih batita.Tiba-tiba saja ia gemetaran dan menarik diri apabila berada di lingkungan baru.Anda tak perlu heran terhadap perubahan perilaku ini kerap dialami anak utamanya yang mulai masuk sekolah.

 Cara melatih anak agar tidak menjadi pemalu

Penyebab anak menjadi pemalu tak bisa dijelaskan secara tunggal.Teori terbaru menyebutkan ,sifat ini diturunkan oleh orang tuanya dan dimiliki sejak lahir.Jeome Kgan PhD,psikolog perkembangan di Harvard University Amerika menyebutkan sekitar 15% bayi dilahirkan dengan membawa sifat pemau .Namun sudah sejak lama para ahli mempercayai lingkungan yang paling bertanggung jawb membentuk karakter anak.Dari kedua hal tersebut disimpulkan bahwa pola perilaku anak dipengaruhi oleh faktor genetik dan lingkungan.

Cara melatih anak agar tidak menjadi pemalu 2017

Didalam rasa malu,ada tiga hal yang mungkin ingin dipikirkan atau dirasakn oleh si pemalu sekalipun ia bisa menyampaikan secara verbal kepada Anda.
1.      “Aku juga ingin brersama mereka,tapi tidak bisa”.Si kecil mungkin tampak serius membaca buku atau bermain dengan mainanya.Tetapi ia sebenarnya ingin sekali bergabung dengan teman-teman sebaya dan bersenang-senang dengan mereka.
2.      “Siapa mereka?”.Si pemalu membutuhkan waktu lebih lama untuk menyesuaikan diri dengan orang baru.
3.      “Aku takut pada hal-hal baru” Anak pemalu biasanya lebih senang menyenangi segala sesuatu yang berjalan teratur (rutin).

Cara membantu  Si pemalu 2017
Anda bisa menjadi bingung dan ketepatan mengasuh si pemalu,utamnya jika Anda sering berhubungan dengan orang dan lingkungan baru.Kuncinya,bantu ia menghadapi rasa malunya.

Berikut adalah beberapa tips yang dapat bapak-ibu coba :
1.      Cari faktor pemicu.Perhatikan dengan seksama sesuai dengan situasi sosial yang membuat anak malu,lalu bicarakan dan bersama-sam berusah untuk menghadapinya.
2.      Berikan waktu agar anak bisa lebih nyaman.terutama jika ia ragu atu takut menghadapi situasi baru.
3.      Berikan pilihan pada anak.jangan memaksakan anak masuk kedalam situasi yang baru dikenalnya terlalu cepat.Ia justru akn semakin takur.Dengan memberinya pilihan,Anda membantunya bahwa ia memiliki otonomi dan membuatnya lebih percaya diri.
4.      Jangan memberi label “ pemalu “Hal ini membuatnya semakin yakin dirinya malu dan takut mencoba hal baru.Lebih baik jika Anda memberinya dukungan.
5.      Rencanakan kegiatan bermain dirumah.Rasa malu akan berkurang jika anak berada di rumah.Sebagai awal,undang teman-temanya untuk bermain dirumahnya.

Rasa malu anak memang tidak bisa hilang sepenuhnya.Rasa malu akan berkurang jika anak berada dirumah.Tetapi latihan dan motivasi terus-menerus dari Anda,ia berubah menjadi lebih terbuka untuk mencoba hal-hal baru dan berteman.Sekian artikel mengenai Cara melatih anak agar tidak menjadi pemalu 2017.Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.Salam dari blog kepozen.com



Baca juga :
Anak juga butuh musik untuk belajar
Cara mengetahui kecerdasan naturalis anak

#Bantu Bagikan Artikel Kami Dong :)

0 komentar:

Post a Comment