Top Ad 728x90

, ,

Cara membuat anak lebih kreatif dengan permainan


.
Cara membuat anak lebih kreatif dengan permainan

Kepozen.com – Cara membuat anak lebih kreatif dengan permainan.Halo sobat blogger kepozen.com,kembali lagi nih bersama tulisan-tulisan admin yang saat ini masih membahas tentang tips-tips cara mendidik dan menumbuhkembangkan tingkat kecerdasan baik fisik maupun mental sianak.Banyak cara untuk melatihnya ,salah satunya dengan membuat anak lebih kreatif dengan permainan.


Ada pendapat bahwa kreativitas merupakan kualitas unik yang dimiliki anak-anak tertentu.Mampu menggambar dengan baik juga dianggap kreatif.Padahal,kreativitas dimiliki oleh setiap anak asalkan dikembangkan.Salah satunya melalui permainan.Selain mengasah perkembangan fisik,mental dan sosial,bermain juga membantu anak-anak mengekspresikan dan menghadapi perasaanya .Cara pandang anak yang unik dan gaya ekspresi kreatifnya yang khas pun semakin berkembang.Itulah sebabnya,meningkatkan kreativitas anak lebih mudah dilakukan dengan cara anak-anak,yaitu permainan kreatif.
Permainan kreatif dilakukan dengan cara menggunakan alat dan bahan yang biasa digunakan anak untuk bermain tetapi engan cara baru dan berbeda .Memainkanya pun ketika anak sedang bermain peran atau bermain pura-pura.Berikut beberapa permainan kreatif yang bisa dimainkan seluruh anggtota keluarga.

Cara-cara yang dapat Bapak Ibu coba diantaranya adalah
a. Tebak-tebakan.Ajak anak Anda keluar rumah untuk melihat sebiah kejadian dengan cara baru.Misalnya: Kira-kira apa yang sedang dicari oleh kucing itu?”Mintalah anak Anda menunjukkan benda yang sedang dicari oleh kucing itu.Biasanya anak memiliki perspektif berbeda dari orang dewasa.Baginya,semua yang dialaminya masih baru,segar dan sangat menarik.
b. Bermain kostum.Gunakan benda-benda yang bisa dipakai untuk membuat kostum seorang tokoh.Misalnya seorang polisi dan penjahat.Si penjahat menggunakan sarung untuk menutupi muka dan membawa senjata penggaris.Kostum polisi menggunakan baju warna-warni dan topi dari kardus susu.Mainkan sebuah drama dengan dua tokoh tersebut.
c. Bermain musik.Siapkan “alat-alat musik” seperti panci ,kaleng ,kardus dan sendok.Mainkan semuanya hingga tercipta sebuah orama.Jika Anda memainkan alat musik,biarkan sikecil yang mencari sesuka hati.Tak pelu memberikan penilaian terhadap musik dan tarian yang dimainkan oleh Anda berdua.
d. Masak-masakan.Tentukan masakan yang akan dibuat.Biarkan anak memilih bahan-bahan yang terdapat dalam rumah.Lalu,tanyakan kepad anak Anda siapa yang akan diundang untuk menikmati masakanya.
e. Perlombaan.Tantang anak Anda untuk menggambar seekor kucing yang aneh atau rumah termegah didunia.Tak hanya mendorong kreativitas,permainan ini juga memperagakan bahwa untuk mencapai tujuan tidak harus selalu sempurna.

Tips yang mendukung untuk mempercepat kreativitas dalam bermain anak.
a. Permainan sebaiknya berasal dari ide anak.Barkan ia yang mengarahkan.Tugas Anda hanya mendorong kemampuanya untuk mengekspresikan diri melalui permainan,misalnya dengan bertanya langkah permainan selanjutnya.Jangan sampai Anda mendominasi permainan.
b. Perhatikan jalanya permainan.Agar lebih lancar,permainan bisa direncanakan terlebih dahulu.Misalnya memberikan peran tertentu untuk masing-masing anak.Perhatikan bagaimana anak mengembangkan permainan setelah mendapatkan pertanyaam dan komentar dari Anda.
c. Hindari menggunakan peralatan bermain yang menghalang atau menggangu imanjinasi anak.

Demikian dulu ulasan mengenai cara membuat anak lebih kreatif dengan permainan.Semoga bermanfaat bagi bapak ibu semua.Bagikan juga untuk orang lain agar bermanfaat bersama.Salam blog kepozen.com

Baca juga nih :
Cara mengetahui kecerdasan naturalis anak

#Bantu Bagikan Artikel Kami Dong :)

0 komentar:

Post a Comment