Top Ad 728x90

, ,

Cara meningkatkan kreativitas anak dengan beberapa cara







Kepozen.com – cara meningkatkankreativitas anak dengan beberapa cara. Masa kanak-kanak memang masa penuh keajaiban – berbagai keterampilan baru dikuasai oleh anak.Pada masa ini pula,anak memiliki imajinasi tanpa batas.Lewat imajinasinya,ia menghasilkan sesuatu yang kreatif .Kreativitas merupakan kemampuan untuk melihat sesuatu dengan cara baru.Orang yang kreatif mampu menemukan masalah yang tidak pernah terpikirkan oleh rang lain dan meyelesaikanya dengan solusi baru,unik serta efektif.Berbeda dengan tes kecerdasan yang hanya memiliki satu solusi.Kreativitas melibatkan pemikiran yang berbeda sehingga menghasilkan jawaban baru dan tidak biasa.


Kreativitas tak hanya dimiliki leh seorang seniman.Setiap anak memiliki kemampuan dan keinginan untuk menjadi kreatif sejak dilahirkan.Ia pun memiliki peluang untuk mengembangkanya.Sayangnya,ia tidak tahu cara memulainya.Ia membutuhkan bantuan Anda untuk bermain dan berpikir kreatif.Ini akan menjadi hadiah yang berharga dari Anda untuk bekal kehidupanya.Anda ragu bisa melakukanya?banyak pakar mengatakan ,mendorong atau menumbuhkan kreativitas anak sangat mungkin dilakukan.Sebab anak adalah seorang yang sangat kreatif dengan kecenderungan alami untuk berfantasi ,melakukan percobaan,dan mengeksplorasi lingkungan fisik dan konseptual di sekitarnya .Baginya,dunia penuh dengan berbagai kemungkinan dan petualangan tanpa akhir.Berikut beberapa langkah yang menginspirasi dan mendorong kreativitasnya.

Berikut beberapa langkah-langkah yang dapat dicoba oleh bapak ibu dirumah
a. Berikan stimulasi berupa aktivitas yang menarik sesuai tahap perkembangan ,kemampuan dan keterampilan anak.Caranya dengan menyediakan beberapa jenis alat dan bahan ,dan juga tawarkan aktivitas kreatif.Berikan peluang atau waktu agar anak bisa mengeksplorasi dan menuangkan ide-idenya .Biarkan ia mendiskusikan ide-idenya dengan orang lain,baik orang dewasa maupun teman-temanya.Misalnya cat dari tepung kanji  dicampur dengan air dan diberi pewarna untuk menggambar dengan tangan atau menggunakan spon sebagai pengganti kuas.Karus bekas susu atau pita dibuat kartu atau kotak pensil,Membuat “sablon “ dengan daun,uah belimbing dan roda mobil-mobilan.
b. Motivasi anak untuk menceritakan pengalamanya mencoba hal-hal baru.Dengarkan pertanyaan dan komentar si kecil mengenai hasil eksplorasinya.Perjelas semua yang di sampaikan anak dengan mengulangi apa yang anda dengar lalu tanyakan,segala sesuatu tentang pengalamanya.Dari pengalaman ini biasanya rasa ingin tahu anak akan semakin berkembang.
c. Tetap santai dan nikmati proses kreatif bersama anak.Anak-anak yang selalu dipaksakan untuk mencapai hasil sesuai target bisa kehilanngan rasa percaya diri.Biarkan segalanya berjalan dengan spontan.Hal ini sangat penting untuk mengembangkan kemampuan berpikir kreatif.
d.Hargai uasaha anak dan tunjukkan Anda percaya pada kemampuanya.Biarkan anak memiliki kebebasan dan tanggung jawab untuk menghadapi konsekuensi dari hasil pemikiran dan tindakanya.
e. Tunjukkan keanekaragaman bidaya,pengalaman ,suku bangsa dan cara berpikir dengan cara berbeda .Dorong anak untuk mencoba hal-hal baru yang sesuai dengan kemampuan dan harapanya.
f. Berikan contoh tentang ketekunan.DOrong anak untuk menyelesaikan sebuah proyek.Caranya dengan selalu memberinya motivasi dalam setiap tahapan proyek.Bantu anak untuk memahami kelemahan serta kelebihanya.
Yang penting untuk diingat dari kegiatan kreaif adalah proses mengekspresikan diri.Pengalaman kreatif membantu anak mengekspresikan dan menghadapi perasaanya.Perkembangan mental juga akan semakin terasah jika ia mendapatkan peluang untuk mencoba ide-ide baru dan cara baru dalam berpikir dan menyelesaikan masalah.Kegiatan kreatif yang Anda lakukan bersama anak pun memberikan manfaat bagi Anda.Anda bisa mengenal keunikan masing-masing anak.Selain itu,kegiatan ini merupakan peluang yang sangat bagus untuk mencirikan gaya pengasuhan ANda untuk setiap anak.

Nah itu dia ulasan mengenai cara meningkatkan kreativitas anak.Semoga bermanfaat bagi kita semua.Salam log kepozen.com .Bagikan juga artikel ini ke lainya agar mengetahui langkah-langkah yang dapat dicoba untuk meningkatkan kecerdasan anak.

Baca juga :

Anak juga butuh musik untuk belajar
Cara mengetahui kecerdasan naturalis anak

#Bantu Bagikan Artikel Kami Dong :)

0 komentar:

Post a Comment