Top Ad 728x90

7 Fakta Unik tentang Lebaran di Indonesia




Sebentar lagi tak terasa kita sebagai umat muslim di Indonesia akan merayakan Lebaran yang setiap tahun dilakukan setelah menjalankan puasa selama satu bulan penuh.Berikut ini kami sajikan 7 Fakta Unik tentang Lebaran di Indonesia.Simak langsung di bawah ini :


1. Uang Thr

Tunjangan Hari Raya atau disebut dengan THR, Biasanya di berikan kepada anak anak kecil, ketika bersilaturahmi (halal bi halal) dengan tetangga atau saudaranya dan biasanya juga di lakukan oleh perusahaan dengan memberikan tunjangan tersebut kepada karyawannya yang merayakan Hari Raya Idul Fitri (pelaksanaan dan tata caranya sudah di atur oleh pemerintah).

THR biasanya diberikan pada waktu lebaran idul fitri dan idul adha tetapi biasanya diberikan pada lebaran idul fitri. biasanya anak-anak kecil keliling ke setiap rumah untuk bersilahturahmi dan di lebaran idul adha biasanya orang-orang mendapatkan THR daging kurban seperti daging sapi dan kambing.


2. Meriam dan Petasan

Dibanyak tempat terutama di kampung-kampung, mainan meriam bambu sangat di sukai orang sebagai tanda perayaan hari raya. Biasanya kegiatan ini dibarengi dengan main petasan sejak awal puasa sampai berakhirnya Hari Lebaran.

Biasanya main meriam atau petasan sering kali kita temui di bulan puasa seperti saat subuh ataupun sebelum masuknya waktu isya dan tarawih. kebanyakan orang-orang sangat jail terkadang dilempar kesana kesini untuk mencari keseruan saja. Tetapi sobat harus hati-hati untuk main petasan karna bisa membahayakan kesehatan sobat sendiri.


3. Malam Takbiran

Biasanya malam takbiran selalu di isi dengan keliling kota atau keliling kampung. kebanyakan anak-anak keliling kampung membawa alat seperti ember,kayu dan lain-lainnya. dan kebanyakan orang juga keliling kota untuk takbiran. tetapi sekarang kita tidak diperbolehkan takbiran keliling kota karena takut terjadi apa-apa dengan kita nanti gak bisa jadi lebaran lagi hehehe

Malam takbiran tidak perlu keliling-keliling antar daerah tertentu tetap mendingan kita takbiran di masjid saja lebih aman dan bagus. Ketika kita takbiran dimasjid kita biasanya bergantian dengan kawan kita untuk mengumandangkan suara takbir.


4. Sungkeman


Nah, ini dia tradisi yang selalu dilakukan di Indonesia adalah tradisi sungkeman kepada orang yang lebih di tuakan (orang tua). Kebanyakan warga Indonesia yang pulang kampong (mudik), hanya untuk tidak melewatkan tradisi sungkeman pada orang tua. Dari kegiatan ini, hubungan kekeluarga antar anggota keluarga akan terus erat.

5. Ziarah Kubur

Merupakan tradisi yg mengakar kuat di masyarakat selepas Sholat Idul Fitri . Dengan menggunakan moment di hari yang fitri untuk pergi ke makam (berziarah kubur), mendoakan para leluhur dan keluarga yang telah wafat.


6.Ketupat Lebaran

Biasanya sepulang Sholat Idul Fitri kita akan banyak menemui di rumah rumah hidangan ketupat lebaran, hidangan ini disajikan dengan sayur lodeh campuran pepaya muda di potong kecil-kecil, tempe di potong dadu, kacang panjang di potong kecil kecil dan diberi kuah santan atau disajikan dengan sayur opor ayam, rendang/semur + kerupuk.

7. Mudik

Ibarat sayur tanpa garam, demikian pula ibarat lebaran tanpa fenomena mudik. Tradisi pulang ke udik (pulang ke kampung) sebagai suatu tradisi untuk mengunjungi dan bersilaturahmi dengan para saudara, kerabat, handai tolan, yang ada di kampung . Idenya memanfaatkan waktu libur lebaran yang cukup panjang dengan bersilaturahmi mengunjungi saudara, khususnya orang tua. Mudik adalah tradisi terbesar di indonesia yang dilakukan oleh puluhan juta warganya setiap tahunnya


#Bantu Bagikan Artikel Kami Dong :)

0 komentar:

Post a Comment